Angka Kecelakaan di Pantura Brebes Meningkat di 2017

Kuntoro Tayubi    •    Senin, 01 Jan 2018 16:29 WIB
lalu lintastertib lalu lintas
Angka Kecelakaan di Pantura Brebes Meningkat di 2017
Kapolres AKBP Sugiarto saat kegiatan pemusnahan Miras di halaman Mapolres Brebes. Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi

Brebes: Angka kecelakaan yang terjadi di Jalun Lintas Pantai Utara (Pantura) selama tahun 2017 mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2016. Walaupun jumlah kecelakaan meningkat, angka korban justru menurun.

"Jumlah kecelakaan yang terjadi di tahun ini 556 kasus, sementara di tahun yang lalu hanya 521 kasus," kata Kapolres Brebes, AKBP Sugiarto, Minggu, 31 Desember 2017.

Kecelakaan didominasi usia produktif, antara 20-30 tahun. Kecelakaan terjadi karena korban tidak mengindahkan keselamatan diri. Rata-rata mereka tidak memakai perlengkapan keselamatan seperti helm.

Padahal polisi kerap kali melakukan sosialisasi tentang tata tertib berlalu lintas. Sugiarto juga mengaku gencar menggelar operasi simpatik. Namun, jumlah kecelakan tak jua turun.

Sementara tindak pidana kejahatan yang terjadi di wilayah hukum Polres Brebes pada tahun ini mencapai 178 kasus. Sebanyak 140 kasus selesai ditangani. Pencurian dengan pemberatan medominasi kejahatan di kota bawang yang mencapai ratusan kasus ini.

"Saya menghimbau kepada masyarakat berhati-hati, mewaspadai tindak kejahatan pencurian yang mendominasi wilayah Brebes. Seperti pencurian motor, pemilik kendaraan diharap menggunakan kunci pengaman ganda," pungkasnya.

 


(SUR)