Brebes Kembangkan Kepiting Soka di Lahan Bakau

Kuntoro Tayubi    •    Sabtu, 21 Oct 2017 22:22 WIB
kelautan dan perikanan
Brebes Kembangkan Kepiting Soka di Lahan Bakau
Penaburan benih kepiting soka di Desa Pandansari, Kecamatan/Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Foto: MTVN/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Ribuan benih kepiting soka ditabur di Desa Pandansari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Sabtu, 21 Oktober 2017. Kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir utara.

Komoditas perikanan kepiting soka atau kepiting bakau (scylla serrata) merupakan salah satu yang potensial untuk dibudidayakan. Jenis ini memiliki pasar hingga ke mancanegara, seperti Jepang, Malaysia, Perancis dan Amerika.

"Saat ini, masih jarang masyarakat Indonesia yang membudidayakan kepiting secara khusus. Padahal jika dikelola dan dikembangkan secara terpadu, budidaya kepiting akan sangat menjanjikan," kata Wakil Ketua Mandiri Amal Insani (MAI) Foundation, Abung Sewaka di Desa Pandansari.  

Potensi pasar yang cukup besar memberi peluang bagi pengembangan budidaya kepiting bakau secara lebih serius dan komersial. Karena prosesnya yang masih mengandalkan tangkapan dari alam, sehingga kesinambungan produksinya sangat ditentukan dengan kemampuan mengembangkan dan menjaga kelestarian hutan bakau atau mangrove.

Program Budidaya Kepiting Soka ini sendiri sudah juga mendapat dukungan dari sejumlah pihak swasta. Untuk program penebaran benih kali ini, MAI bekerja sama dengan CSR Bank Syariah Mandiri dan LAZNAS BSM.

Sementara Ketua Karang Taruna Kusuma Samudera II Nur Khaliq, 27,  mengatakan,  pihaknya sudah menerima dana yang diberikan dari MAI sejak 2 bulan yang lalu, dan dibelanjakan dalam bentuk bibit, pembelian craft box kepiting dan operasional budidaya.

"Kurang lebih ada 1000 ekor kepiting di budidaya di lahan yang sudah disiapkan 2 hektar, dan sekarang setiap hari panen minimal 7 kilo. Ada 3 orang yang kerja dan dijual ke jakarta dengan harga Rp90 ribu per kg yang kelas terbaik," ujarnya.
 


(SUR)