Warga Jepara Ditangkap Berjualan Cenderawasih

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 11 Jan 2019 13:39 WIB
satwa dilindungi
Warga Jepara Ditangkap Berjualan Cenderawasih
Sejumlah ekor burung Cendrawasih yang ditangkap dari hasil jual-beli. Medcom.id-Ahmad Mustaqim

Bantul: S, seorang warga Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, ditangkap Polres Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta karena menjual beli satwa dilindungi. S ditangkap di bilangan Jalan Parangtritis Bantul saat akan melakukan transaksi pada Kamis, 10 Januari 2019.

S ditangkap karena diduga kuat terlibat kasus jual beli berbagai satwa. Saat penangkapan, di dalam kendaraan yang S bawa terdapat 14 jenis satwa, seperti kangguru, burung cendrawasih, hingga burung kasuari.

"Ini (satwa-satwa) mau dijual. Seperti (burung) Cendrawasih dijual Rp30 juta," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Bantul, AKP Rudy Prabowo di Mapolres Bantul, Jumat, 11 Januari 2019.

Polisi masih menyidik modus S beroperasi. Termasuk kemungkinan jaringan pasar gelap jual beli satwa langka dan dilindungi.

Polisi menjerat S dengan Pasal 40 ayat 2 Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 mengenai Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem. S terancam hukuman 5 tahun penjara dengan denda maksimal Rp100 juta.

Pengendali Ekosistem Hutan Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) DI Yogyakarta, Wajudi mengatakan, memiliki satwa dilindungi seperti cenderawasih harus melewati syarat yang sulit. Termasuk memperoleh izin dari Presiden seperti yang tertuang dalam Pasal 34 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 8 Tahun 1999 tentang pemanfaatan tumbuhan dan satwa liar, ada 11 jenis hewan langkah yang izinnya sulit diperoleh.

11 jenis satwa dilindungi itu termasuk Anoa, Elang Jawa, Harimau Sumatera, dan Cendrawasih. "Satwa (yang dijualbelikan) akan dibawa ke lembaga konservasi, salah satunya di kebun binatang Gembira Loka," katanya.

Sebelum itu, petugas akan memeriksa lebih dulu kondisi satwa. "Ini selalu dilakukan sebelum nanti dilepasliarkan ke habitatnya," kata dia.

Sementara itu, S mengaku memperoleh berbagai jenis satwa itu dari temannya. Dari temennya, satwa itu diperoleh dari pelabuhan di kawasan Jawa Timur.

"Dua pasang cenderawasih belinya Rp20 juta. Jadi lumayan (untungnya)," ucapnya.  

 


(SUR)