Kesulitan Air, Warga Brebes Buat Sumur di Sungai Kering

Kuntoro Tayubi    •    Rabu, 15 Aug 2018 12:37 WIB
kekeringankemarau dan kekeringanmusim kemarau
Kesulitan Air, Warga Brebes Buat Sumur di Sungai Kering
Warga membuat sumur di tengah sungai di Desa Kamal, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu, 15 Agustus 2018. Medcom.id/Kuntoro Tayubi.

Brebes: Kekeringan melanda wilayah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Sebagian warga terpaksa menggali sumur di tengah sungai.

Warga Desa Kamal, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Andri, 41, mengatakan, sejumlah warga terpaksa membuat sumur di tengah sungai untuk mandi, mencuci, dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

"Sudah dua bulan kekeringan. Sumur di samping rumah sudah tidak keluar air lagi, makanya kita ambilnya di sungai," kata Andri saat ditemui di Desa Kamal, Rabu, 15 Agustus 2018.

Andri menjelaskan, dirinya bersama warga lain terlebih dulu membuat lubang dengan kedalaman 4 meter. Setelah mencapai ke dalam sekira 4 meter, air mulai keluar dari dasar tanah. Kemudian proses selanjutnya adalah lubang dilapisi beton.

Sumur yang sudah jadi hanya bisa memenuhi kebutuhan dua tumah tangga untuk keperluan mandi dan mencuci. Sementara untuk kebutuhan air minum ia harus membeli setiap harinya dengan harga Rp18.000 per galon.


(DEN)