Hujan Sesaat, 3 Pohon di Solo Tumbang

Pythag Kurniati    •    Kamis, 06 Oct 2016 16:08 WIB
pohon tumbang
Hujan Sesaat, 3 Pohon di Solo Tumbang
Petugas memangkas dahan pohon tumbang di Jalan Arifin, Solo, Jateng, Kamis (6/10/2016). (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Sejumlah pohon tumbang saat hujan disertai angin melanda Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis, 6 Oktober. Belum ada laporan korban jiwa dalam peristiwa ini.

Salah satu pohon yang tumbang berada di sebelah kompleks Balaikota Solo, tepatnya di Jalan Arifin. Pohon setinggi 10 meter tumbang menutupi jalan.

Salah satu saksi mata, Supaniyem, 49, mengatakan, pohon tumbang sekitar pukul 14.00 WIB, saat hujan dan angin kencang. 

Dia mengatakan, pohon itu hampir menimpa sedan yang tengah melintas. "Mobilnya bisa menghindar. Hanya saja kabel telepon rusak karena terkena dahan pohon," terangnya.

Butuh waktu lebih dari satu jam untuk mengevakuasi pohon tumbang. Lalu lintas menuju Jalan Arifin ditutup. Pengguna jalan dialihkan menuju Jalan Sugiyopranoto.

Pohon tumbang juga terjadi di kawasan Pedaringan, Jebres. Pohon menimpa kios penjual tanaman. Saksi mata, Theresia Murniwati mengungkapkan, mendengar bunyi dahan retak sebelum pohon di samping deretan kios menimpa kios paling barat.

Satu rak lemari berisi puluhan tanaman rusak dan ikut ambruk. "Pemilik kios saat kejadian tidak di lokasi," katanya.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Solo Gatot Sutanto mengungkapkan hujan tidak terlalu lama. Namun disertai angin kencang. "Dalam satu hari ada laporan tiga pohon tumbang. Di Jalan Arifin, Jalan Kolonel Sutarto, dan kawasan Pedaringan Jebres," jelas Gatot.

Dia menambahkan tidak ada korban jiwa namun lokasi tumbangnya pohon menimbulkan kerugian fisik serta kemacetan lalu lintas.

Dalam satu pekan, BPBD mencatat setidaknya enam pohon di Kota Solo ambruk. Tidak ada korban jiwa dalam rentetan peristiwa itu. "Kami imbau masyarakat berhati-hati," tutupnya.


(SAN)