Rumah Dinas Loji Gandrung bakal 'Lebih Merakyat'

Pythag Kurniati    •    Kamis, 22 Sep 2016 15:21 WIB
pemerintah kota
Rumah Dinas Loji Gandrung bakal 'Lebih Merakyat'
Rumah Dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah akan dijadikan rumah rakyat, MTVN - Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Loji Gandrung bakal berstatus sebagai rumah rakyat. Selama ini, bangunan berarsitektur Eropa-Jawa itu menjadi rumah dinas Wali Kota Solo, Jawa Tengah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Solo, Endah Sitaresmi Suryandari, mengungkapkan pemkot akan membuat Loji Gandrung lebih merakyat. Warga dapat menggelar kegiatan di beberapa bagian bangunan yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi itu.

Rencananya, kata Endah, pemkot akan membangun plasa di komplek Loji Gandrung. Pembangunannya berlangsung secara bertahap.

"Antara city walk dengan halaman akan menyatu. Ada bagian jalur hijau yang akan dibuat taman," ujar Endah, Kamis (22/09/2016).

Wali Kota Solo, FX. Hadi Rudyatmo mengatakan plasa Loji Gandrung mulai dikerjakan tahun 2017. Sebab pembangunannya masih menunggu perampungan pembuatan Detail Engineering Design (DED). 

Area air mancur di halaman depan pun akan dirombak. Areanya akan diperluas.

"Supaya lebih ramah, plasa juga akan dilengkapi wifi. Soal keamanan akan ada Satpol PP yang berjaga disana," terang dia.

Rudy berharap pesona Loji Gandrung dapat kembali bersinar. Sehingga Loji Gandrung dapat menjadi salah satu tujuan wisata di Solo.


(RRN)