Imlek Diharapkan Bawa Kerukunan di Yogyakarta

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 05 Feb 2019 18:11 WIB
imlek
Imlek Diharapkan Bawa Kerukunan di Yogyakarta
Suasana Kelenteng Fuk Ling Miau di kawasan Gondomanan, Kota Yogyakarta. Medcom.id-Ahmad Mustaqim

Yogyakarta: Kegiatan perayaan Imlek di Yogyakarta berlangsung khidmat pada Selasa, 5 Februari 2019. Imlek tahun ini diharapkan bisa membawa penguatan kerukunan di tengah-tengah masyarakat yang majemuk.

Sharon Laurensia, jemaat yang berkunjung di Kelenteng Fuk Ling Miau Gondomanan, Kota Yogyakarta berharap dirinya bisa hidup lebih baik. Perempuan usia 20 tahun ini juga berharap Imlek bisa memperkuat kerukunan.

"Bukan hanya bisa merayakan (Imlek) dengan meriah, tapi juga bisa hidup rukun dengan sesama," ujar perempuan yang bertempat tinggal di kawasan Babarsari, Kabupaten Sleman ini.

Sharon sepekan sekali beribadah di Kelenteng Fuk Ling Miau. Selama ini, ia merasa nyaman dan aman berada di antara berbagai masyarakat yang berbeda keyakinan.

Berkaitan dengan tahun politik 2019, ia berharap tak akan memengaruhi kondisi sosial di Yogyakarta. "Semoga tetap rukun ya meski beda pandangan dan pilihan politik," ujar perempuan asal Belitung ini.

Suasana perayaan tahun baru Imlek 2019 terasa meriah di Yogyakarta. Sejumlah pusat keramaian. Misalnya kawasan wisata Malioboro yang menikmati berbagai lampion warna merah. Sejumlah atraksi budaya juga ikut memeriahkan Tahun Baru Imlek 2019.

Oyek wisata Jogja Bay sengaja menghadirkan pertunjukan Barongsai untuk menghibur wisatawan. Pertunjukan Barongsai ini dilakukan berdampingan dengan Bajak Laut yang jadi salah satu ikon tempat wisata tersebut.

"Barisan naga barongsai ini berupa singa mataram," kata Humas obyek wisata Jogja Bay, Medha Zeli Elsita.


 


(SUR)