Baru 12 Desa di Jepara Bebas Buang Hajat Sembarangan

Rhobi Shani    •    Senin, 20 Mar 2017 14:19 WIB
lingkungan
Baru 12 Desa di Jepara Bebas Buang Hajat Sembarangan
`Helikopter' jadi lokasi favorit warga Demaan, Kecamatan Jepara Kota, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah -- MTVN/Rhobi Shani

Metrotvnews.com, Jepara: Dari 195 desa di Kabupaten Jepara, baru 12 desa yang dinyatakan 100 persen bebas buang air besar sembarangan (BABS). Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara terus berupaya memberikan pemahaman pada masyarakat untuk tidak lagi BABS.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara Dwi Susilowati menyampaikan, pihaknya juga memberikan bantuan stimulan pembangunan WC ke setiap desa sebesar Rp10 juta. Ia pun menggandeng instansi lain untuk mewujudkan program bebas BABS.

"Termasuk dengan TNI dan Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) untuk membangun jamban umum," kata Susi, Senin, 20 Maret 2017.

Susi menjelaskan, 183 desa dan kelurahan yang belum bebas BABS saat ini kondisinya bervariatif. Sejumlah desa sudah mencapai 70 persen bebas BABS. Namun, ada juga desa yang baru 40 persen bebas BABS.

(Baca: Arisan Jamban Kurangi Buang Hajat di Sungai)

Komandan Kodim 0719 Jepara Letkol Inf. Ahamd Basuki menyampaikan, setiap komando rayon militer (Koramil) diwajibkan membangun 34 jamban di rumah-rumah warga melalui program Karya Bakti. "Anggaran pembangunan jamban ini murni dari TNI melalui Karya Bakti. Di TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa), kami juga membangun jamban untuk warga," kata dia.

Warga yang berhak mendapatkan bantuan pembuatan jamban, lanjut Basuki, adalah mereka yang jabannya masih terbuka. Selain itu, jika ditinjau dari sisi kesehatan, jambannya tidak layak.

"Bulan depan program ini sudah bisa mulai berjalan lagi. Tahun 2016 kemarin sudah berjalan," ucap Basuki.

(Baca: Warga Jepara Buang Hajat dari 'Helikopter' di Atas Laut) 


(NIN)