Protes Sopir Berbuah Peremajaan Bus Trans Jogja

Patricia Vicka    •    Selasa, 18 Oct 2016 21:03 WIB
mogok kerja
Protes Sopir Berbuah Peremajaan Bus Trans Jogja
Kru tengah memperbaiki bus Trans Jogja yang rusak di Depan DPRD DIY. Foto: Metrotvnews.com/Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Para penumpang Bus Trans Jogja kini bisa bernafas lega. Sparepart dan onderdil bus Trans Jogja yang selama ini banyak tak laik pakai, perlahan mulai diganti dan diperbaiki. 

PT Anindiya Mitra International (AMI) selaku operator Transjogja mengklaim telah mengganti seluruh ban bus yang gundul. Perbaikan dilakukan sebagai respon aksi mogok kerja para kru bus Trans Jogja Senin 17 Oktober 2016. 

Direktur Utama PT AMI, Dyah Puspitasari, menegaskan ban 74 bus Tranjogja kini sudah diganti. Sementara kerusakan di beberapa sparepart bus tengah diperbaiki. 

"Tadi malam kami langsung tindak lanjuti keluhan sopir. Ban gundul kita ganti semua. Sparepart akan kita update," ujarnya saat dihubungi, Selasa (18/10/2016). 

Kemarin, sopir bus Trans Jogja mogok kerja dan mendatangi kantor pengelola Trans Jogja di Jalan Wonosari, Gedong Kuning, Bangun Tapan, Bantul, Yogyakarta. Mereka menuntut adanya perbaikan dan reformasi di tubuh manajemen. Sebab, pembayaran gaji selalu telat. 

Para kru mengeluhkan pengelola yang tak merawat bus. Padahal, kondisi bus sudah memprihatinkan.

Murtapolono, 42, salah satu kru Trans Jogja, mengatakan selama ini telah menyampaikan keluhan dan ketidaknyamanan masyarakat saat menaiki Trans Jogja. 

"Kondisi ban bus sudah gundul. Ini membahayakan penumpang. Tapi, keluhan kami tak digubris," ujarnya saat aksi protes di kantor pengelola. 

Aksi ini membuat operasional bus Trans Jogja berhenti beberapa jam di pagi hari. Warga terpaksa menunggu berjam-jam di beberapa halte. Untungnya, pada siang hari pengelola mau mendengar keluhan mereka sehingga sebagian bus beroperasi. Selasa pagi, bus Trans Jogja telah beroperasi normal.




(UWA)