Akhir November, Bus Interkoneksi Yogya Beroperasi

Patricia Vicka    •    Selasa, 22 Nov 2016 16:48 WIB
transportasi
Akhir November, Bus Interkoneksi Yogya Beroperasi
Foto ilustrasi. (Antara)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Bus penghubung dalam dan luar kota Yogyakarta akan beroperasi mulai akhir November 2016. Perum Damri sebagai pengelola bus telah melakukan uji coba. 

Kepala Perum Damri Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta, Sumali, menjelaskan, pada tahap awal pengoperasian, jarak tunggu antarbus diperkirakan mencapai satu jam. Pasalnya, Damri hanya mengoperasikan lima armada untuk mengelilingi Ringroad Yogya.

Baca: Pengoperasian Bus Interkoneksi Yogya Molor dari Jadwal

"Bus akan memutar empat kali dalam sehari. Waktu tempuh setiap armada lebih dari dua jam untuk sekali putaran kurang lebih 41 kilometer," ujarnya di Kantor Kepatihan Yogyakarta, Selasa (22/11/2016).

Bus ini akan berhenti pada 35 halte yang berada di sepanjang Ringroad. Masing-masing halte hanya berhenti dua menit. Bus akan beroperasi hingga pukul 17.00 WIB.

Sumali mengatakan, pihaknya akan menambah armada bila animo masyarakat terhadap bus interkoneksi meningkat. Termasuk, jam operasional ditambah jadi hingga pukul 21.00 WIB. Armada bus interkoneksi berkapasitas 50 penumpang.

Baca: Trayek Bus Interkoneksi Bersinggungan dengan Rute Bus Perkotaan

Kepala Dinas Perhubungan DIY Sigit Haryanta mengatakan pengoperasian bus ini merupakan salah satu upaya peningkatan kembali gairah masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.

Nantinya, bus akan disinergikan dengan Transjogja, AKDP dan angkutan perdesaan. Sehingga, masyarakat di luar kota Yogyakarta terkoneksi dan berpergian dengan mudah ke dalam kota dan juga sebaliknya.



"Tahun depan bus ini dan TransJogja akan beroperasi dari jam 05.30 sampai 21.00 WIB. Diharapkan dengan adanya angkutan ini, AKDP dan Angkutan Perdesaan bisa hidup lagi," pungkasnya.


(SAN)