Jalur Pantura Macet Karena Tol Fungsional tak Dibuka

Kuntoro Tayubi    •    Senin, 25 Dec 2017 00:11 WIB
arus mudiknatal dan tahun baru
Jalur Pantura Macet Karena Tol Fungsional tak Dibuka
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. MI/Adam Dwi.

Pemalang: Kemacetan terjadi sepanjang 20 kilometer di jalan Pemalang-Pekalongan. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut, kemacetan di jalur pantai utara (pantura) terjadi karena tol fungsional Brebes - Gringsing tak dibuka.

“Jadi, berdasarkan pantauan, penyebab kepadatan arus lalu lintas pemudik ini dikarenakan jalan tol fungsional Brebes - Gringsing tidak dibuka. Sehingga, semua kendaraan melintas di jalur pantura,” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat ditemui di Helypad, Gandulan, Pemalang, seusai melakukan pantauan arus mudik melalui udara, Minggu, 24 Desember 2017.

Budi menambahkan, terdapat penyempitan badan jalan di beberapa titik sepanjang jalur pantura. Penyempitan ini membuat lalu lintas kendaraan menjadi tersumbat.

"Dan terjadi penumpukan," kata dia.

Budi menyebutkan, selain wilayah Pekalongan, kemacetan hampir merata terjadi di jalur yang dilalui pemudik. Ia pun meminta seluruh petugas mengintensifkan jalur selain pantura.

“Saya sudah perintahkan kepada kapolres-kapolres, agar jalur lain selain pantura, seperti jalur alternatif ini digunakan untuk mengurai kepadatan,” ujarnya.

Budi pun telah memberikan hak penuh kepada kepolisian untuk melakukan tindakan rekayasa lalu lintas saat diperlukan. Tindakan itu bisa diambil untuk mengurai kemacetan.

“Hak diskresi penuh ada pada Kakorlantas. Yang tentunya selalu berkoordinasi dengan polres untuk melakukan rekayasa lalu lintas,” pungkasnya.


(DRI)