Jembatan Ambles, Warga Bantul Masih Nekat Melintas

Ahmad Mustaqim    •    Sabtu, 02 Dec 2017 12:30 WIB
jembatan rusak
Jembatan Ambles, Warga Bantul Masih Nekat Melintas
alah satu jembatan yang ambles di Bantul yang dilintasi warga. (Medcom.id-Ahmad Mustaqim)

Bantul: Siklon Tropis Cempaka merusak sejumlah fasilitas umum di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sejumlah jembatan sebagai akses warga sebagian rusak dan sebagian hilang terbawa arus banjir. 

Di Desa Garjoyo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, jembatan penghubung dengan Kecamatan Jetis terlihat berlubang. Lubang akibat tergerus arus sungai tersebut berada di sisi timur jembatan. 

Meski sisi jembatan berlubang, warga masih nekat melintas. Padahal, dua jalan akses menuju jembatan sudah dipagari sebagai peringatan dilarang melintas. 

Suprapto, warga Kecamatan Jetis, mengatakan jembatan itu jadi akses penting warga di dua kecamatan. "Warga memang aktivitasnya lewat sini. Berdagang, pergi atau pulang dari sawah lewat jembatan ini," ujarnya kepada Medcom.id sesaat setelah melintasi jembatan dengan sepefa motor pada Sabtu, 2 Desember 2017. 

Tak hanya sepeda motor yang melintas, sejumlah mobil pun kedapatan melewati jembatan itu. Pengendara mobil tak menghiraukan palang perlintasan sebagai peringatan bahaya jika melintasi jalan itu. 

Sukinah, warga Imogiri, mengatakan juga biasa melintasi jembatan itu ketika beraktivitas. "Kalau tidak lewat sini aksesnya jauh," ujarnya. 

Baik Suprapto maupun Sukinah menilai, jembatan itu masih kuat untuk dilintasi sepeda atau sepeda motor. Sebab, lubang di jembatan itu berada di luar pondasi. 

Selain warga, anak-anak sekolah juga melintasi jembatan itu. Sekitar 100 meter dari jembatan tersebut terdapat SMK Muhammadiyah Imogiri.


(ALB)