Perayaan Hari Natal

Sejumlah Gereja di Solo bakal Dipasang Metal Detector

Pythag Kurniati    •    Kamis, 21 Dec 2017 13:34 WIB
hari raya natal
Sejumlah Gereja di Solo bakal Dipasang <i>Metal Detector</i>
Kapolresta Surakarta AKBP Ribut Hari Wibawa saat meninjau persiapan gereja untuk perayaan Hari Natal -- medcom.id/Pythag Kurniati

Solo: Presonel gabungan berkeliling ke sejumlah gereja di Solo, Jawa Tengah, untuk memastikan persiapan perayaan Hari Natal. Gereja yang dikunjungi, yaitu Gereja Katolik St. Antonius di Purbayan dan Gereja Santa Perawan Maria Regina di Purbowardayan.

"Hari ini kami hanya berkomunikasi dan menemui pengurus gereja terkait persiapan kegiatan Natal," kata Kapolresta Surakarta AKBP Ribut Hari Wibawa, Kamis, 21 Desember 2017.

Menurut Ribut, sterilisasi gereja akan dilaksanakan saat perayaan Hari Natal. Sterilisasi gereja dilakukan dengan pemeriksaan metal detector.

Beberapa gereja, lanjut Ribut, bakal dipasangi metal detector. "Hanya beberapa gereja prioritas," lanjutnya.

Berdasarkan data dari Polresta Surakarta, terdapat 168 gereja yang tersebar di 51 kelurahan di Solo. Gereja-gereja tersebut dipetakan dalam beberapa zona prioritas.

Prioritas pertama ada 16 gereja, prioritas kedua 35 gereja, dan sisanya masuk prioritas tiga. Pembagian zona prioritas didasarkan pada banyaknya jemaat, jumlah rangkaian acara Natal, dan letak gereja.

Pastur Kepala Gereja St. Antonius Purbayan Mardi mengatakan jumlah jemaat yang beribadah diperkirakan sebanyak 7 ribu orang. Saat Natal, Gereja St. Antonius akan menggelar beberapa rangkaian acara.

"Dimulai pada 24 Desember 2017 ada dua sesi acara dan 25 Desember 2017 tiga sesi acara," beber dia.

Terpisah, Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo menekankan perlunya sinergi dalam rangka pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. "Antara pemerintah, TNI, Polri, dan masyarakat harus bekerja sama mewujudkan Kota Solo yang aman, nyaman, dan kondusif," tandasnya.


(NIN)