300 Unit Rumah di Kulon Progo Rusak Akibat Longsor

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 20 Dec 2017 19:39 WIB
cuaca ekstrem
300 Unit Rumah di Kulon Progo Rusak Akibat Longsor
ilustrasi Metrotvnews.com

Kulon Progo: Sebanyak 300 unit rumah di Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta mengalami rusak akibat longsor. Ratusan rumah yang rusak itu terjadi sepanjang musim hujan pada awal hingga pertengahan Desember 2017. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo, Gusdi Hartono mengatakan 300 unit rumah yang rusak itu dengan berbagai kategori. Mulai dari rusak ringan, sedang dan berat. 

"Kami masih identifikasi mana rumah yang harus direlokasi dan perlu rehabilitasi total. Selama masih berstatus tanggap darurat benvanan BPBD akan berikan bantuan stimulan bagi rumaj warga yang rusak," ujar Gusdi dihubungi Medcom.id pada Rabu, 20 Desember 2017. 

Meski memberikan bantuan, Gusdi enggan menyebutkan nilai nominal bantuannya. Ia menekankan bantuan hanya bersifat stimulan. 

Ia berujar, BPBD akan mengambil tindakan usai status tanggap darurat bencana yang berakhir pada 27 Desember 2017. "Tindakannya bisa relokasi, bedah rumah, atau bantuan rumah tak layak huni," ungkapnya. 

Longsor teranyar terjadi pada Rabu dini hari, 20 Desember 2017. Longsor tersebut merusak rumah warga bernama Saimin, warga Dusun Sentul, Desa Banjararum, Kecamatan Kalibawang. Beruntung, dua orang penghuni rumah bisa menyelamatkan diri. 

Kepala Dusun Sentul, Gino mengatakan longsor terjadi akibat sebelumnya hujan intensitas sedang terus mengguyur wilayah setempat. Ia memperkitakan longsor terjadi pada tengah malam sekira pukul 00.00 WIB. 

"Saat longsor pemilik rumah bisa menyelamatkan diri. Lalu pagi hari tadi puing-puing rumah dan material longsor dibersihkan warga bersama relawan," jelasnya. 

Ia mengatakan rumah warga terdampak longsor masuk kategori rumah tak layak huni. Menurutnya, bantuan untuk warga tersebut tingga menunggu pencairan. "Saat ini warga terdampak tinggal ditenda," pungkasnya. 


(ALB)