Kantor Cabang Hannien Tour Solo Belum Berizin

Pythag Kurniati    •    Kamis, 04 Jan 2018 21:42 WIB
penipuan
Kantor Cabang Hannien Tour Solo Belum Berizin
Kasi Perjalanan Haji dan Umrah Kemenag Surakarta Rosyid Ali Safitri. Foto: Medcom.id/Pythag Kurniati

Solo: Biro perjalanan umrah PT Utsmaniyah Hannien Tour tersandung kasus penipuan dan penggelapan. Polresta Surakarta telah membekuk empat tersangka menyusul laporan puluhan korban calon jemaah umrah yang batal diberangkatkan ke tanah suci.

Usut punya usut, perizinan kantor cabang Hannien Tour di Kota Surakarta ternyata juga bermasalah. Kasi Perjalanan Haji dan Umrah Kemenag Surakarta Rosyid Ali Safitri menjelaskan, Hannien Tour Kantor Cabang Surakarta beroperasi tanpa mengurus izin di daerah.

"Secara resmi, izin di pusatnya (kantor pusat) ada. Tapi izin di kantor cabangnya belum ada," ungkap Rosyid, Kamis, 4 Januari 2017.

Biro umrah yang mendirikan kantor cabang di daerah harus kembali melengkapi izin. Jika biro masuk ke tingkat kabupaten/kota, perusahaan harus mengantongi rekomendasi dari Kantor Wilayah Kementerian Agama.

"Bukan hanya lisan," tutur Ali.

(Baca: Pimpinan Travel Umrah Hannien Tour Ditangkap Polisi)

Pihaknya mengaku telah mendesak pihak Hannien Tour Cabang Surakarta melengkapi izin tersebut. Namun hingga kasus penipuan dan penggelapan itu mencuat, kata Ali, rekomendasi dari Kanwil Kemenag Provinsi belum juga diurus.

Merujuk data Kemenag Surakarta, ada 16 kantor biro perjalanan umrah resmi di Solo, empat berkantor pusat di Solo sedangkan 12 lainnya merupakan kantor cabang.

"Kami mengimbau masyarakat, gunakan biro yang resmi itu dulu," imbuhnya.

Pihaknya mengaku, pencabutan izin operasi Hannien Tour di Kantor Pusat tengah diproses oleh Kemenag. Pengalaman ini pun membuat Kemenag Surakarta lebih memperketat pengawasan terhadap biro-biro umrah di Solo.


(SUR)