63 Ribu Warga Kendal Belum Punya KTP-el

Iswahyudi    •    Selasa, 24 Oct 2017 17:05 WIB
pelayanan e-ktpe-ktp
63  Ribu Warga Kendal Belum Punya KTP-el
KTP elektronik yang telah siap untuk didistribusi di Disdukcapil Kendal. MTVN/ Rizal

Metrotvnews.com, Kendal: Sebanyak 63 ribu warga Kendal, Jawa Tengah, belum memiliki KTP elektronik karena pencetakan tahun 2016 belum selesai. Keterlambatan blangko jadi alasan.

“Karena  keterbatasan  blangko sehingga  kita  beri surat keterangan” kata  Kepala  Dinas  Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kendal Bambang Dwiyono, Selasa 24 Oktober 2017.

Total pemohon KTP-el tahun ini mencapai mencapai 100 ribu. Sebagian telah menerima KTP-el.

Bambang mengakui sejumlah kendala yang dihadapi, seperti keterbatasan sumberdaya  manusia dan peralatan cetak.

Satu petugas harus  melayani  sejumlah pekerjaan sekaligus. Ini yang membuat pencetakan tak bisa fokus. Dia mencotohkan, salah satu petugas  cetak merangkap  sebagai petugas  perekam dan kurir ke kecamatan.


Petugas Pencetak KTP elektronik menunjukkan kartu yang telah selesai dicetak. Foto: MTVN/Iswahyudi

Aqim, petugas pencetak  KTP-el, mengakui kendala teknis yang di hadapi  petugas juga tidak sedikit. Mulai dari blangko yang  rusak hingga server yang tak mumpuni. Hal ini terang menghambat pekerjaannya.
Dalam satu hari, dia bisa mencetak  90 sampai  100 keping KTP-el. Dengan catatan, tak ada kendala teknis dihadapi.

Disdukcapil  telah bekerjasama dengan PT Pos Indonesia. Warga tak perlu lagi datang ke Disdukcapil untuk mengambil KTP-el, namun kartu akan dikirim langsung ke alamat.

Sementara  salah satu  pencari  ktp el Kariyadi warga  Cepiring Kendal, mengaku mencari  KTP   hanya  perekaman  saja  dan di beri  surat keterangan  tidak bisa langsung jadi.


(SUR)