Jokowi Tanggapi Kalem Sindiran Fahri Hamzah

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 07 Nov 2017 17:32 WIB
jokowi mantupernikahan kahiyang-bobby
Jokowi Tanggapi Kalem Sindiran Fahri Hamzah
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo -- AFP

Metrotvnews.com, Solo: Presiden Joko Widodo menaggapi kalem komentar Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah yang menyindir gelaran pesta pernikahan putrinya. Menurutnya, pengertian sederhana memang relatif.

"Relatif, namanya sederhana. Namanya di kampung, gedung sendiri, katering, dan panitia juga sendiri," kata Jokowi di Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah, Selasa 7 November 2017.

Jokowi menjelaskan, Gedung Graha Saba Buana yang akan digunakan sebagai tempat akad dan resepsi adalah milik sendiri. Sementara, katering acara pernikahan menggunakan Chili Pari, usaha milik Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Jokowi.

Menurut Jokowi, acara di satu tempat tak bisa dibandingkan dengan di daerah lain. "Jangan dibandingkan dengan lain. Namanya di kampung, ya seperti ini," ungkapnya.

(Baca: Fahri Sindir Pesta Pernikahan Putri Presiden Jokowi)

Sebelumnya, Fahri Hamzah menyebut acara resepsi Kahiyang Ayu-Muhammad Afif Bobby Nasution di Gedung Saba Buana terlalu mewah. Penilaian tersebut berpatokan pada Surat Edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2014 tentang Gerakan Hidup Sederhana yang diterbitkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Berdasarkan SE tersebut, penyelenggara negara perlu membatasi jumlah undangan sejenis resepsi pernikahan maksimal 400 undangan. Selain itu, juga membatasi jumlah peserta yang hadir tidak boleh lebih dari 1.000 orang.

(Baca: Jokowi Dikritik Fahri, Luhut: Saya Ingin Lihat Pernikahan Putrinya)

Fahri menuturkan, Presiden Jokowi mestinya cukup memanfaatkan media sosial untuk memeriahkan pesta pernikahan putrinya itu. Masyarakat di media sosial, kata dia, sudah akrab dengan kehadiran Presiden ke-7 Indonesia itu.

Sebagai informasi, sebanyak 8.000 tamu akan menghadiri pernikahan Kahiyang-Bobby. Selain tamu undangan, pernikahan putri Jokowi itu juga bakal dihadiri berbagai elemen masyarakat serta relawan.


(NIN)