Dorong Potensi Wisata, Pesta Kuliner Digelar di Rawa Pening

Mustholih    •    Selasa, 14 Nov 2017 17:55 WIB
wisata jawa tengah
Dorong Potensi Wisata, Pesta Kuliner Digelar di Rawa Pening
Lokasi wisata kuliner di Danau Rawa Pening Semarang, Selasa 14 November 2017, MTVN - Mustholih

Semarang: Danau Rawa Pening memiliki potensi wisata yang menarik minat pengunjung. Lokasinya berupa hamparan air yang sayangnya hingga saat ini sebagian besar permukaan masih ditutupi tanaman eceng gondok.

Danau Rawa Pening berlokasi di Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Danau yang relatif dangkal ini berada di cekungan terendah lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.

Suasana di sekitar Danau Rawa Pening masih dikelilingi area persawahan warga. Akses menuju Danau Rawa Pening sebenarnya relatif mudah karena jalan menuju ke sana sebagian besar sudah dilakukan pembetonan. 

Dengan menggunakan kendaraan roda dua, dibutuhkan waktu sekitar dua jam perjalanan apabila bertolak dari Semarang Kota.

Setibanya di lokasi, pengunjung dimanjakan dengan deretan pepohonan hijau. Bahkan, di Bukit Cinta, pengunjung bisa menikmati wisata air dengan menaiki perahu sewaan milik warga setempat. Namun, berhubung masih terkendala sedimentasi dan eceng gondok, kondisi air Danau Rawa Pening relatif keruh.


(Suasana Pesta Kuliner HUT Sidomuncul di sekitar Danau Rawa Pening Semarang, Selasa 14 November 2017, MTVN - Mustholih)

Keunggulan Danau Rawa Pening pun menarik minat perusahaan jamu terkemuka di Indonesia, PT Industri Jamu dan Farmasi Sidomuncul Tbk, menggelar pesta kuliner. Pesta berlangsung mulai pukul 12.00 WIB hingga 15.00 WIB di Bukit Cinta.

Kegiatan itu digelar untuk merayakan Hari Ulang Tahun ke-66 perusahaan jamu tersebut. Para tamu menikmati sate daging sapi, nasi liwet, gudeg, dan opor sayur. Kuliner yang disajikan merupakan makanan khas Jawa Tengah. Kuliner yang disajikan merupakan makanan khas Jawa Tengah.

"Dipilihnya Danau Rawa Pening pada prosesi perayaan ulang tahun Sidomuncul karena kami ingin mengangkat Danau Rawa Pening menjadi destinasi wisata kelas dunia," kata Direktur PT Sidomuncul, Irwan Hidayat di acara tersebut, Selasa 14 November 2017.

Irwan mengatakan Danau Rawa Pening memiliki area seluas luas 2.670 hektar. Keindahan di sekitar danau berpotensi menjadi wisata unggulan di Jawa Tengah. 

Hanya saja, keindahan danau tertutup sedimentasi. Enceng gondok juga nyaris menutupi permukaan air danau.

"Rawa Pening mengalami pendangkalan, hampir 70 persen permukaan danau tertutup enceng gondok," ujar Irwan menegaskan.

Irwan mengatakan Danau Rawa Pening menjadi lebih indah bila bebas dari pendangkalan dan enceng gondok. Bahkan, ujar Irwan, Danau Rawa Pening mampu menjadi lokomotif wisata di Jateng.

"Karena wisata air itu wisata universal. Rangking paling atas ya wisata air," terang Irwan.

Acara ulang tahun berlangsung semarak. Penyanyi Husein jebolan Indonesia Idol ikut meramaikan acara. Husein juga menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun milik Jamrud dalam acara tersebut.

Komunitas Motor Gede yang dipimpin Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Tito Sulistio dan Bupati Semarang, Mundjirin, turut menghadiri acara. Mereka tampak menikmati sajian yang ditata di atas meja.


(Petinggi perusahaan Sidomuncul membuka acara wisata kuliner di Danau Rawa Pening Semarang, Selasa 14 November 2017, MTVN - Mustholih)

Sebelum menggelar pesta kuliner di Danau Rawa Pening, Irwan mengajak para tamu undangan untuk berkunjung ke dalam kompleks perusahaan Sidomuncul. Mereka diajak berkeliling melihat proses produksi jamu dan obat-obat herbal Sidomuncul. Tamu undangan bahkan diajak berkeliling hingga ke area perusahaan Sidomuncul yang disulap menjadi tempat argowisata.

Irwan menegaskan Sidomuncul tidak punya motif ekonomi dari kampanye aktif memajukan wisata Danau Rawa Pening. Sebab, Sidomuncul tidak punya satu jengkal pun tanah di area wisata Danau Rawa Pening tersebut. 

"Kami hanya punya visi ketika hidup tidak bermanfaat maka hidup anda tidak berharga. Maka salah satu ukuran kesuksesan Sidomuncul adalah seberapa banyak memberi manfaat buat masyarakat," jelas Irwan.


(RRN)