Serapan Anggaran Pemkab Jepara Dinilai tak Merata

Rhobi Shani    •    Kamis, 14 Dec 2017 16:44 WIB
pemda
Serapan Anggaran Pemkab Jepara Dinilai tak Merata
Pekerja menyelesaikan pekerjaan penataan Jalan Kartini di Jepara, Jawa Tengah -- medcom.id/Rhobi Shani

Jepara: Serapan anggaran di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, dinilai tak merata. Banyak kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mulai dikerjakan tengah hingga akhir tahun.

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi meminta pimpinan OPD mulai merancang kegiatan untuk 2018. Hal ini agar serapan anggaran kegiatan dapat berjalan merata dalam setahun.

"Percepatan pelaksanaan kegiatan yang merata sepanjang tahun akan berdampak pada berputarnya sektor-sektor ekonomi masyarakat," kata Marzuqi, Kamis, 14 Desember 2017.

Marzuqi melanjutkan, program atau kegiatan di masing-masing OPD harus dapat didayagunakan maksimal. Itu untuk meningkatkan produktifitas, kualitas pelayanan, dan pemberdayaan masyarakat.

Selain itu, pengelolaan anggaran diperlukan tindakan efisien, efektif, hemat, dan tidak boros. "Pengelolaan kegiatan pembangunan harus menuju ke arah yang lebih baik, bersih, transparan, akuntabel, dan dapat dipertanggungjawabkan. Baik secara fisik maupun keuangan serta mempunyai kemanfaatan dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat banyak," beber Marzuqi.

Terpisah, Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Pentaan Ruang (PUPR) Hartaya menyampaikan sejumlah kegiatan yang ditanganinya baru dilaksanakan pada akhir tahun. Itu seperti pembangunan jembatan dan penataan Jalan Kartini.

"Pelaksanaannya memang Desember, tapi kontraknya sudah lama. Selain itu, kegiatan lainnya dilaksanakan di Desember karena menunggu anggaran perubahan," ungkap Hartaya.


(NIN)