Libur Natal dan Tahun Baru

PT KAI Daop VI Sediakan Enam Kereta Tambahan

Patricia Vicka    •    Jumat, 15 Dec 2017 17:05 WIB
pt kainatal dan tahun baru
PT KAI Daop VI Sediakan Enam Kereta Tambahan
Ilustrasi -- medcom.id/Patricia Vicka

Yogyakarta: PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop VI Jogjakarta-Surakarta menyediakan enam kereta api (KA) tambahan saat libur Natal dan Tahun Baru 2018. Kereta tambahan tersebut dapat mengangkut 3.154 penumpang per hari.

Manager Humas PT KAI Daop VI Eko Budiyanto menjelaskan masa angkutan Natal dan Tahun Baru pada 22 Desember 2017 hingga 7 Januari 2018. Namun, pemesanan tiket KA tambahan sudah bisa dilakukan sejak 1 November 2017.

"Kami prediksi tahun ini ada kenaikan 4-6 persen penumpang yang menggunakan kereta api. Okupansi kereta diperkirakan terisi penuh di atas 90 persen setiap harinya," kata Eko di Yogyakarta, Jumat, 15 Desember 2017.

Kereta tambahan yang dikeluarkan, yaitu KA Taksaka pagi dan malam, KA Sancaka, KA Lodaya, KA Argo Lawu, dan KA Argo Dwipangga. Kereta memiliki relasi Jakarta, Surabaya, dan Bandung.

PT KAI juga mengoperasionalkan 13 kereta api normal dengan kapasitas 9.900 tempat duduk. "Total KA yang kami operasionalkan selama libuan Natal dan tahun Baru bisa menampung 13.000 penumpang per hari," terang Eko.

Eko berharap, calon penumpang memesan tiket jauh-jauh hari agar tidak kehabisan. Sebab, saat ini ketersediaannya tiket masih melimpah.

Saat Natal dan Tahun Baru, PT KAI menerjunkan petugas keamanan tambahan untuk penjaga palang pintu demi meningkatkan kenyamanan penumpang.


(NIN)