Menteri Susi: Saya Ini Perempuan Biasa

Pythag Kurniati    •    Kamis, 21 Sep 2017 09:58 WIB
kabinet kerja
Menteri Susi: Saya Ini Perempuan Biasa
Menteri Susi Pudjiastuti berfoto di samping lukisan wajahnya di Jalan Slamet Riyadi 111 Kota Solo, MTVN - Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Senyum mengembang di wajah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat memandang mural dirinya di sebuah dinding di Jalan Slamet Riyadi 111 Kota Solo, Jawa Tengah. Dalam lukisan tersebut, Susi digambarkan sebagai sosok Wonder Woman yang tengah berada di hamparan lautan.

Di samping Susi, terlukis kapal-kapal asing. Tepat di sebelah baratnya, tampak lukisan bajak laut menodongkan senjata.

“Wonder Woman hanya ada dalam komik saja. Sebenarnya saya ini perempuan biasa,” kata Susi saat ditanya mengenai tanggapannya digambarkan sebagai sosok Wonder Woman, Rabu malam 20 September 2017 malam.

Kembali merendah, Susi mengaku selama ini yang ia lakukan hanya menjalankan perintah Presiden Jokowi serta menjalankan amanat undang-undang. “Pak Jokowi mengatakan, laut harus menjadi masa depan bangsa,” tutur Susi.

Maka sudah sepantasnya, laut dengan luas dua pertiga dari luas total Indonesia dijaga sebaik mungkin. “Sudah saatnya kita menghadap ke laut. Melihat dan menjaga dari gangguan. Karena laut adalah beranda Indonesia,” urai dia.

Susi mengaku, ia sengaja berkunjung untuk mengapresiasi ide-ide dan imajinasi dari para seniman pembuat street art tersebut. Menurutnya, seringkali karya seni yang dihasilkan para seniman bisa menginspirasi masyarakat. Salah satunya, sebagai penguat semangat kebangsaan.

“Jadi saya pikir sudah seharusnya saya datang menghargai semua effort yang telah dilakukan untuk membuat lukisan yang luar biasa ini,” terang Susi.

Susi bahkan mengaku, mural tersebut memberi dorongan bagi dirinya untuk bekerja lebih baik menjaga lautan Indonesia. “Ya tentu saja (memberi dorongan kerja). Karena orang mengapresiasi kerja saya, saya juga harus lebih baik,” tutur dia.



(RRN)