Ratusan Warga Binaan Rutan Kelas I Surakarta Mengkhatamkan Alquran

Pythag Kurniati    •    Kamis, 20 Apr 2017 12:11 WIB
kemenkumham
Ratusan Warga Binaan Rutan Kelas I Surakarta Mengkhatamkan Alquran
Ratusan warga binaan Rutan Kelas I Surakarta mengikuti khataman Al-Quran -- MTVN/Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Ratusan warga binaan Rutan Kelas I Surakarta mengikuti khataman Alquran. Khataman ini dilakukan serentak di seluruh lembaga pemasyarakatan di Indonesia.

Pantauan Metrotvnews.com, khataman dilaksanakan di depan Masjid An-Nur, masjid di Rutan Kelas I Surakarta. Sambil duduk bersila, warga binaan melantunkan ayat-ayat suci dengan khusyuk.

Kepala Rutan Kelas I Surakarta Oga Dharmawan menjelaskan, kegiatan khataman ini kali pertama dilakukan di Rutan Kelas I Surakarta. Kegiatan diinisiasi Kementerian Hukum dan HAM untuk menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53.

"Khataman kami di sini terhubung melalui teleconference dengan lembaga pemasyarakatan di pusat dan daerah-daerah lainnya," kata Oga di Rutan Kelas I Surakarta, Kamis, 20 April 2017.

Menurut Oga, satu-satunya pembinaan yang dapat memberikan efek besar dan menyentuh warga binaan adalah melalui kegiatan keagamaan. "Pembinaan yang bisa menyentuh bukan dengan jalan kekerasan. Kita berusaha kembalikan mereka pada agamanya masing-masing dan perubahan akan terjadi," tutur dia.

Oga menambahkan, di Rutan Surakarta, khataman dihadiri perwakilan Kantor Kementerian Agama Surakarta, anggota Komisi III DPR Muhammad Toha, dan perwakilan organisasi keagamaan.

Untuk warga binaan beragama Nasrani, kata Oga, Kemenkumham akan mengadakan kegiatan Paskah bersama. "Itu juga dilakukan serentak seluruh Indonesia pada hari Minggu ini," jelasnya.


(NIN)