Warga Dekat Kawah Sileri Dieng Mengungsi

Mustholih    •    Senin, 18 Sep 2017 11:59 WIB
gunung berapi
Warga Dekat Kawah Sileri Dieng Mengungsi
Kawah Sileri di Desa Kepakisan, Batur, Banjarnegara, Jateng -- ANT/Anis Efizudin

Metrotvnews.com, Semarang: Peningkatan aktivitas vulkanik di Kawah Sileri, Gunung Dieng, menyebabkan puluhan warga Desa Kepakisan dan Dusun Sekalam di Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, mengungsi ke tempat yang lebih aman. Warga dilarang melakukan aktivitas apa pun di radius satu kilometer dari bibir Kawah Sileri.

"Masyarakat dilarang melakukan aktifitas karena adanya ancaman bahaya gas CO2 dan H2S yang berbahaya bagi kehidupan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah Sarwa Pramana di Semarang, Senin 18 September 2017.

Namun, Sarwa tidak menjelaskan detail jumlah warga yang mengungsi dan di mana tempat pengungsian mereka. Ia hanya mengatakan, status Gunung Dieng sudah ditingkatkan menjadi waspada (level 2).

(Baca: Status Kawah Sileri di Dieng Waspada)

Sarwa menjelaskan, temperatur suhu di Kawah Sileri mengalami peningkatan menjadi 93,3 derajat celcius hingga 93,6 derajat celcius. Berdasarkan pengamatan visual di Pos Dieng, asap putih bertekanan lemah nampak keluar dari kawah setinggi 10-750 meter.

Warga di dekat Kawah Sileri diminta tetap tenang dan tidak panik. Bagi warga yang sehari-hari bekerja sebagai penambang pasir, dilarang melakukan aktivitas penambangan hingga kedalaman lebih dari satu meter.

"Masyarakat harus tetap tenang sembari menunggu arahan lanjutan dari BPBD Jateng terkait status Pegunungan Dieng," tutupnya.


(NIN)