Saingi Taksi Online, Bandara Adisutjipto Siapkan Aplikasi Transportasi Daring

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 09 Aug 2017 17:19 WIB
polemik taksi online
Saingi Taksi <i>Online</i>, Bandara Adisutjipto Siapkan Aplikasi Transportasi Daring
General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama. (MTVN-Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Sleman: Otoritas Bandara Adisutjipto Sleman, Yogyakarta, punya alasan tersendiri ihwal penolakannya terhadap sistem transportasi berbasis aplikasi. Mereka telah menyiapkan aplikasi sendiri untuk mewadahi taksi atau mobil sewa yang bernaung di bawah otoritas bandara.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama, menjelaskan, penerapan sistem tersebut sudah hampir selesai. Ia mengatakan sudah menyiapkan sistem tersebut di dekat pintu kedatangan penumpang. 

"Aplikasi sudah kami unduh. Harga juga sudah kami siapkan. Penumpang ingin diantar ke mana, nanti langsung bisa diketahui harganya," ujar Agus di salah satu hotel di Jalan Laksda Adisutjipto Sleman, Yogyakarta pasa Rabu, 9 Agustus 2017. 

Baca: Transportasi Daring Ditolak Bandara Adisutjipto

Ia menuturkan masih mengomunikasikan dengan para sopir transportasi yang ada di bandara. Setidaknya, ada sekitar 540 armada yang terdiri dari Rent Car dan Taksi Rajawali. 

Sebagian armada tersebut menganggur akibat kalah bersaing dengan transportasi yang sudah memakai sistem daring, kecuali saat momen lebaran dan acara tertentu. Penurunan penumpang mereka diperkirakan menurun 30-40 persen. 

"Kita komunikasikan berapa armada yang bisa dikerjasamakan dengan sistem baru nanti," tuturnya. 

Otoritas bandara juga menyiapkan lahan parkir khusus bagi armada tersebut. Armada itu nantinya tidak menumpuk di dekat bandara. Jika resmi beroperasi, sistem itu diperkirakan hampir sama dengan yang diterapkan di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng.  

"Insyaallah bisa lebih tertib. Mungkin beroperasi atau bulan depan," ucapnya.


(SAN)