Kemenag Siapkan Anggaran Pemulihan Sulteng

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 10 Oct 2018 18:22 WIB
Gempa Donggala
Kemenag Siapkan Anggaran Pemulihan Sulteng
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Medcom.id-Ahmad Mustaqim

Bantul: Kementerian Agama menyiapkan alokasi anggaran untuk pemulihan dampak bencana alam di Sulawesi Tengah (Sulteng). Anggaran tersebut untuk memperbaiki rumah ibadah serta lembaga pendidikan yang rusak terdampak bencana gempa dan tsunami. 

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan belum bisa menyebutkan rincian dan besaran anggarannya. Alokasi anggaran khusus akan diambil pada tahun depan. 

"Anggaran nanti untuk rehabilitasi dan rekonstruksi terhadap lembaga-lembaga pendidikan," kata Menteri Lukman selepas acara Madrasah International Language Centre (MILC) di Kompleks MAN 4 Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Rabu, 10 Oktober 2018. 

Menteri Lukman juga mengatakan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu juga menjadi bagian perbaikan. Sebab, kata dia, perguruan tinggi Islam negeri itu disebut mengalami rusak parah. 

Ia mengaku perwakilan Kemenag akan segera meninjau lokasi terdampak bencana di Sulteng, khususnya melihat kondisi IAIN Palu serta sejumlah bangunan rumah ibadah serta madrasah dan pondok pesantren. Ia menyatakan lembaganya juga menginstruksikan tenda-tenda darurat untuk proses pembelajaran di IAIN Palu. 

Menurut dia, proses pembelajaran di IAIN Palu harus tetap berjalan. Ia juga mengatakan mahasiswa IAIN Palu terdampak bencana akan diberikan kesempatan mengikuti kuliah sementara di perguruan tinggi di bawah naungan Kemenag. 

"Mahasiswa (IAIN Palu) ini bisa ditampung di kampus lain dengan skema sit in. Mereka bisa ikut perkuliahan di sejumlah IAIN terdekat, seperti di Palopo (Makassar) dan Pare-Pare," ujarnya. 



(ALB)