Seniman Yogyakarta Sulap Kawasan Kotabaru Jadi Tempat Pameran Seni

Patricia Vicka    •    Rabu, 04 Oct 2017 19:37 WIB
karya seniseni patung
Seniman Yogyakarta Sulap Kawasan Kotabaru Jadi Tempat Pameran Seni
Wakil Wali Kota Yogyakarta tengah menata patung di Kawasan Kota Baru

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pameran seni tak melulu di dalam ruangan. Sebanyak 50 seniman di Yogyakarta akan menyulap sebuah kawasan di Kota Yogyakarta menjadi tempat memamerkan karya seni.
 
Selama dua bulan ke depan kawasan Kotabaru di Kota Yogyakarta akan dijadikan tempat display patung hasil karya 50 pematung yang tergabung dalam Jogja Street Sculpture. Sejumlah patung akan diletakkan tersebar di taman-taman daerah Kotabaru.
 
Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, kegiatan ini upaya mendekatkan karya seni kepada masyarakat dan sebagai wahana edukasi seni ke publik.
 
“Karya karya seni itu bisa berdialog dengan masyarakat, para pematung dan penggiat seni juga menangkap tentang ekspresi yang dirasakan oleh masyarakat terhadap kemajuan atau perkembangan kotanya,” kata Heroe di Yogyakarta, Rabu 4 Oktober 2017.
 
Acara ini juga merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari ulang tahun ke-261 Kota Jogja. Patung-patung sengaja diletakkan di ruang publik agar ada proses dialog antara seniman dengan masyarakat. 
Melalui seni, masyarakat merasakan diberi kesempatan untuk membaca ekspresi seni para pematung. Sebaliknya para pematung  bisa menyampaikan pesannya melalui karya seni.
 
Sementara itu, kurator patung Greg Wuryanto menambahkan, Jogja Street Sculpture adalah upaya untuk mengaktifkan kembali fungsi ruang publik sebagai ruang untuk masyarakat. 

“Teman-teman dari APY (Asosiasi Pematung Yogyakarta Indonesia) mencoba mengembalikan, merevitalisasikan lagi ruang publik ini agar berfungsi sebagai ruang publik lagi,” ujar Greg.
 
Ada tiga pematung dari luar negeri turut akan memamerkan karyanya di acara ini yakni seniman dari Jepang, Thailand dan Reunion Island.
(ALB)