Hujan Lebat Mengguyur Wonogiri 14 Jam

Puluhan Rumah Diterjang Banjir dan Tanah Longsor

Pythag Kurniati    •    Selasa, 28 Nov 2017 15:47 WIB
banjirbencana banjir
Puluhan Rumah Diterjang Banjir dan Tanah Longsor
Banjir di Wonogiri. Foto: Istimewa / BPBD Wonogiri

Wonogiri: Hujan berintensitas sedang mengguyur Wonogiri, Jawa Tengah, sejak kemarin malam. Puluhan rumah di tiga kecamatan terendam banjir dan diserang tanah longsor akibat hujan 14 jam tersebut.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, setidaknya tiga kecamatan terdampak. Banjir terjadi di Desa Bulurejo dan Kulorejo, Kecamatan Nguntoronadi dan merendam 15 rumah.

"Selain itu luapan air juga mengakibatkan jalan antar provinsi dan lalu lintas antar kecamatan terganggu," ujar Kepala BPBD Wonogiri Bambang Haryanto, Selasa, 28 November 2017.

Banjir juga merendam 25 KK di Desa Joho, Desa Pracimantoro dan Desa Sambiroto. Desa-desa tersebut terletak di Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri.

Hujan terus-menerus mengakibatkan Sungai Pakem di Kecamatan Baturetno meluap. Luapan air meluber hingga Dusun Jatirogo, Desa Balepanjang, Kecamatan Baturetno, Wonogiri.

Selain banjir, beberapa titik lokasi di Wonogiri membuat sejumlah pohon tumbang dan memicu terjadinya tanah longsor. Longsoran menimpa rumah seorang warga di Dusun Dawuhan RT 2 RW 8 Desa Hargorejo, Kecamatan Tirtomoyo.

Longsor juga terjadi di talud tebing jalan di wilayah Kerdu Kepik, Kelurahan Giripurwo. Saat ini tim BPBD Wonogiri tengah melakukan upaya penanganan bencana.

"Kami bantu warga mengungsi dan mendistribusikan logistik," terang dia. Bambang menegaskan tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam seluruh kejadian tersebut.

 


(SUR)