Tahun Ini Kemendes Bangun 14 Pasar Kawasan

Rhobi Shani    •    Rabu, 24 Jan 2018 15:03 WIB
pasar
Tahun Ini Kemendes Bangun 14 Pasar Kawasan
Dirjen Pembangunan Kawasan Perdesaan Kemendes PDTT Ahmad Erani Yustika -- Medcom.id/Rhobi Shani

Jepara: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi membangun 13 pasar kawasan pada 2017. Tahun ini, kembali dibangun 14 pasar kawasan di seluruh Indonesia. Satu di antaranya di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Dirjen Pembangunan Kawasan Perdesaan Kemendes PDTT Ahmad Erani Yustika mengatakan pasar kawasan dibangun untuk memudahkan masyarakat desa memasarkan produk unggulannya. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan nilai jual produk desa.

"Pengelolaannya diserahkan kepada desa-desa yang bersepakat membangun pasar kawasan. Satu pasar kawasan bisa dikelola tiga sampai 10 desa lewat BUMDes masing-masing desa," kata Ahmad di Jepara, Selasa, 23 Januari 2018.

Menurut Ahmad, pihaknya menggelontorkan Rp900 juta hingga Rp1 miliar untuk membangun satu pasar kawasan. Ia berharap pengelola pasar kawasan dapat mengembangkan, termasuk perluasan area pasar.

Ali Ahwan, warga Desa Pendem, menyambut baik hadirnya pasar kawasan. Pasalnya, warga tak perlu lagi menjual hasil bumi ke pasar kecamatan.

"Di sini unggulannya hasil bumi, seperti buah-buahan dan kopi. Jadi, sekarang tidak perlu jauh-jauh kalau mau jual barang," kata Ali.

Sebagai informasi, pasar kawasan adalah pasar yang dibangun untuk mengangkat potensi desa. Pasar ini dibangun atas inisiatif beberapa desa yang belum memiliki pasar desa.


(NIN)