PKL Kerja Bakti Bersihkan Selokan dan Sampah Visual di Malioboro

Patricia Vicka    •    Selasa, 31 Oct 2017 13:36 WIB
yogyakarta
PKL Kerja Bakti Bersihkan Selokan dan Sampah Visual di Malioboro
Aksi bersih-bersih di Malioboro, Yogyakarta -- MTVN/Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pagi ini, seluruh pedagang kaki lima (PKL) di Malioboro libur. Mereka kerja bakti membersihkan selokan dan juga sampah visual di Malioboro.

Bersih-bersih dimulai sekitar pukul 05.00 WIB. Para PKL mulai menyapu jalanan di depan Hotel Inna Garuda dan pedestrian di sisi barat Jalan Malioboro.

Aksi bersih-bersih PKL ini dibantu beberapa komunitas warga. Beberapa orang tampak mencabuti brosur dan spanduk yang menempel di dinding pedestrian. Usai dicabut, tembok dicat kembali. Sementara, petugas Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro tampak mengepel lantai pedestrian dan merapikan tempat sampah serta tanaman.

Kordinator Komunitas Jogja Garuk Sampah (JGS) Bekti Maulana menjelaskan, bersih-bersih sebenarnya sudah mulai sejak pukul 03.00 WIB. Saat itu, mobil dari Dinas Lingkungan Hidup menyemprot jalanan.

"Lalu, komunitas PKL dan warga datang sekitar pukul 05.00 dan mulai bersih-bersih," kata Bekti di Pedestrian Malioboro, Selasa 31 Oktober 2017.

Bekti dan beberapa rekannya turut mencabuti kertas iklan yang menempel di tembok pedestrian. "Senaja dibersihkan. Ada banyak kertas yang menempel di dinding. Isinya iklan sewa mobil, penginapan, atau jualan lainnya," lanjutnya.


Sejumlah siswa ikut membersihkan selokan di Malioboro, Yogyakarta -- MTVN/Patricia Vicka

Sedangkan, di pedestrian Titik Nol Kilometer, sejumlah siswa berseragam olahraga tampak membersihkan parit kecil. Mereka mengambil sampah yang masuk ke dalam parit dan dimasukkan ke dalam kantong plastik. Siswa lainnya menyapu lantai pedestrian.

"Senang rasanya bisa kerja bakti, sekalian olahraga," ucap Michelle Patricia , siswa kelas X SMA Budi Utama Yogyakarta.

Resik Malioboro adalah kegiatan rutin yang diinisiasi Pemerintah Kota Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan 35 hari sekali, tepat di hari Selasa Wage.


(NIN)