Digoyang Kera, Dahan Jatuh Tewaskan 2 Wisatawan

Pythag Kurniati    •    Selasa, 11 Oct 2016 21:01 WIB
kecelakaan
Digoyang Kera, Dahan Jatuh Tewaskan 2 Wisatawan
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Karanganyar: Dua wisatawan asal Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, meninggal tertimpa dahan pohon sepanjang 2,5 meter berdiameter 20 sentimeter, saat berkunjung ke area wisata Grojogan Sewu, Tawangmangu, Karanganyar.

Kapolsek Tawangmangu AKP Riyanto mengungkapkan peristiwa terjadi pada Selasa 11 Oktober 2016 sekitar pukul 13.00 WIB. "Waktu itu ada serombongan wisatawan dari Klaten yang merupakan satu keluarga berjumlah delapan orang," kata dia, Selasa (11/10/2016).

Saat rombongan hendak pulang, lanjutnya, mereka memberi makan beberapa ekor kera di area wisata dengan kacang rebus. 

"Tak disangka datang beberapa ekor kera lagi yang jumlahnya lebih banyak. Kawanan kera melompat dan menggoyang-goyangkan pohon," urainya.

Lantaran digoyangkan, ada dahan yang jatuh dan menimpa kepala wisatawan. "Dua wisatawan tertimpa dahan. Satu di antaranya adalah orang yang dimintai tolong untuk menjadi sopir rombongan," kata Riyanto.

Dua korban yakni Joko Sunarna, 59, warga RT 02 RW 05 Sritanon, Delanggu, Klaten, dan Ria Agus Vina, 22, warga  RT 05 RW 03 Bakungan, Ngaran, Polanharjo, Klaten, segera dibawa ke Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar. Namun, dalam perjalanan, keduanya meninggal.

Kapolsek Tawangmangu mengungkapkan kejadian ini murni kecelakaan dan baru kali pertama terjadi. "Sebenarnya pengelola dan pihak Kementerian Kehutanan rutin melakukan pengecekan pohon di kawasan wisata. Dugaan kuat dahan patah karena banyaknya jumlah kera yang berada di pohon tersebut," kata dia.



(UWA)