Pemkab Kebumen Beri Pelayanan Kesehatan Gratis Bagi Warganya

Antara    •    Kamis, 28 Sep 2017 09:59 WIB
fasilitas kesehatan
Pemkab Kebumen Beri Pelayanan Kesehatan Gratis Bagi Warganya
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Magelang: Pemerintah Kabupaten Kebumen memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada warga yang belum terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Program ini berlaku di 10 puskesmas rawat inap dan dua rumah sakit milik Pemkab Kebumen, yakni Puskesmas Rawat Inap Ayah I, Gombong I, Karanganyar, Karangsambung, Petanahan, Pejagoan, Kutowinangun, Mirit, Ambal I, dan Alian.

Sedangkan, rumah sakit rujukan untuk pelaksanaan program yakni RSUD dr Soedirman dan RSUD Prembun. "Program layanan kesehatan gratis ini sasarannya warga Kebumen yang belum mendapat layanan asuransi," kata Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad di Magelang, Jawa Tengah, Kamis 28 September 2017.

Fuad menjelaskan, warga yang belum terlayani JKN-KIS maupun program asuransi kesehatan lainnya, harus bisa menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kartu keluarga domisili Kebumen untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis ini.

"Melalui program ini, diharapkan masyarakat merasakan manfaatnya," katanya lagi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen Rini Kristiani menambahkan, program pelayanan kesehatan gratis ini menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sekitar Rp4 miliar. Program ini baru pertama diterapkan di Jawa Tengah, dengan pelayanan meliputi rawat inap, rawat jalan, layanan kelahiran di puskesmas dan layanan rujukan ke rumah sakit.


(NIN)