Jogja Argo Technopark Ditargetkan Selesai 2019

Patricia Vicka    •    Kamis, 03 Aug 2017 13:17 WIB
yogyakarta
Jogja Argo Technopark Ditargetkan Selesai 2019
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pusat pengembangan, penelitian, dan wisata pertanian bertajuk Jogja Argo Technopark (JAT) bakal dibangun di Wijilan, Sentolo, Kulon Progo. JAT ditargetkan selesai dibangun pada 2019.

Kepala Bappeda DIY Agus Taviv Rayanto menjelaskan, pembangunan JAT adalah langkah DIY untuk memajukan petani dan bidang pertanian. Selama ini, sektor pertanian dianggap kurang memberikan hasil optimal karena masih menggunakan cara tradisional kurang memanfaatkan teknologi serta ilmu pengetahuan modern.

"Kami ingin pertanian tidak dikelola tradisional, tapi ada mekanismenya, ada sistemnya, dan pakai teknologi. Kami mau mencoba menstandarisasi pertanian," kata Taviv di DPRD DIY, Jalan Malioboro, Yogyakarta, Kamis 3 Agustus 2017.

Menurut Taviv, JAT akan menjadi inkubator penelitian, pengembangan, serta pelatihan petani dan ahli pertanian. Para peniliti, akademisi, dan profesional di bidang pertanian akan didatangkan untuk membantu memberi pelatihan serta bantuan teknologi kepada petani untuk meningkatkan sektor pertanian.

Taviv menjelaskan, JAT juga akan dikembangkan sebagai tempat argowisata bagi para turis lokal dan mancanegara. Apalagi, bidang agrowisata kini sedang tumbuh pesat dan diminati oleh wisatawan.

Guna mendukung pariwisata, akan dibangun tempat penampungan air buatan (embung) di dalam komplek JAT. "Harapannya, wisatawan yang turun di Bandara Kulonprogo dan menuju ke Borobudur bisa mampir ke situ," tutur Taviv.

DIY, lanjut Taviv, harus merogoh kocek Rp139 miliar untuk membangun JAT.


(NIN)