9 Desa di Tegal Krisis Air Bersih

Kuntoro Tayubi    •    Jumat, 04 Aug 2017 17:47 WIB
krisis air bersih
9 Desa di Tegal Krisis Air Bersih
Warga mengantri air bersih di Tegal, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com /Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Tegal: Warga Dukuh Pontong Desa Kertasari Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, berebut air bersih dari mobil tanki yang disediakan PMI setempat. Dalam beberapa bulan terakhir mereka mengalami kesulitan air bersih akibat kemarau yang sudah mulai melanda.

Muidah, 38, warga setempat mengatakan krisis air bersih selalu dialami warga setiap musim kemarau tiba. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ia terpaksa membeli dari pedagang.

"Biasanya beli dari pedagang, harganya Rp3 ribu per jeriken," ujarnya ditengah antrean mendapatkan air bersih, Jumat, 4 Agustus 2017. 

Karena itu, dirinya dan warga lainnya menyambut baik adanya bantuan air bersih yang disalurkan PMI. Dengan begitu, paling tidak dapat mengurangi pengeluaran keuangan rumah tangga.

Terpisah, Kepala Markas PMI Kabupaten Tegal Sunarto disela pembagian air bersih mengatakan di wilayah Kabupaten Tegal, ada 9 desa yang tersebar di 3 Kecamatan yang rawan krisis air bersih. 9 desa itu, Desa Gembongdadi, Jatimulya, Kertasari, Kreman, Sigentong, Kedungkelor, Banjarturi, Karangmulya dan Karangmalang.

"Untuk wilayah yang paling parah biasanya di wilayah Kecamatan Warurejo dan Suradadi," katanya.

Untuk membantu warga, kata Sunarto, pihaknya telah menyalurkan air bersih 1.200 liter per hari. Penyaluran dilakukan dalam 2 tahap. 

"Tahap pertama sudah dilakukan sebelum puasa kemarin. Kurang lebih selama 10 hari," katanya.

Tahap kedua, kata Sunarto, dilakukan jika ada permintaan dari warga sekitar. Karenanya, pihaknya berharap agar warga yang mengalami krisis air segera menghubungi pihaknya. Sehingga bisa langsung di kirim.


(ALB)