Jokowi Berkurban Sapi 1,7 Ton di Solo

Pythag Kurniati    •    Rabu, 30 Aug 2017 18:56 WIB
iduladha 2017
Jokowi Berkurban Sapi 1,7 Ton di Solo
Sapi kurban Presiden Jokowi. --MTVN/Pythag--

Metrotvnews.com, Sukoharjo: Seperti tahun sebelumnya, Presiden Jokowi kembali berkurban di kota asalnya, Solo. Dua ekor sapi lokal milik peternak di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, dipilih oleh Presiden pada Iduladha tahun ini, total berat dua sapi itu 1,7 ton.

Pemilik peternakan Kuncoro Budi Santosa, 30, mengaku, tak menyangka Presiden membeli hewan peliharaannya. “Kaget dan bangga sekali saya,” kata Kuncoro saat ditemui di rumahnya Desa Mranggen, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu, 30 Agustus 2017.

Ia menambahkan, dua ekor sapi yang diberi nama ‘Kamis’ dan ‘Pon’ itu merupakan sapi unggul. “Ini merupakan sapi lokal, jenisnya Brenggolo,” paparnya.

Dua ekor sapi miliknya, lanjut Kuncoro, memiliki bobot 800 kilogram dan 900 kilogram. “Untuk jenis yang sama jarang yang memiliki bobot seperti itu,” urainya.

Ia memastikan, sapi yang dipilih Presiden untuk kurban mendapatkan perawatan dan makanan yang baik. “Saya mandikan dan beri makanan yang bagus-bagus supaya sehat hingga saat dikurbankan,” papar Kuncoro.

Hanya, saat ditanya harga, Kuncoro enggan menyebutkan. “Pokoknya lebih dari cukup kalau bagi saya,” kata dia.

Dua ekor sapi Brenggolo itu rencananya diserahkan ke bagian Kesra Pemkot Solo. Sapi akan dipotong di Masjid Agung Solo dan Masjid Al-Wusto Mangkunegaran.

Tahun sebelumnya, Jokowi juga berkurban sapi untuk dipotong di kota asalnya. Sapi yang ia pilih tahun lalu juga merupakan sapi milik peternak lokal di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.



(ALB)