Warga Binaan Rutan Temanggung Mendapat Pelatihan Elektronika

Antara    •    Senin, 05 Jun 2017 11:57 WIB
rutan
Warga Binaan Rutan Temanggung Mendapat Pelatihan Elektronika
Petugas lapas berbincang dengan beberapa narapidana di dalam kamar tahanan Lapas Temanggung, Jateng -- ANT/Anis Efizudin

Metrotvnews.com, Temanggung: Warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Negara Kelas II B Temanggung mendapat pelatihan elektronika. Keterampilan tersebut nantinya dapat menjadi bekal setelah keluar dari rutan.

"Pemkab Temanggung secara berkelanjutan dari tahun ke tahun melalui Balai Latihan Kerja (BLK) selalu memberikan paket keterampilan kepada warga binaan," kata Kepala Rutan Temanggung Bambang Wijonarko di Temanggung, Jawa Tengah, Senin 5 Juni 2017.

Bambang menyebutkan, tahun ini paket keterampilan yang diberikan adalah pelatihan elektronika, tahun lalu pelatihan las, dan sebelumnya otomotif. Ia berharap, ke depan bukan hanya satu paket setiap tahunnya, tetapi beberapa paket keterampilan.

"Rutan ini juga membantu stabilitas keamanan yang ada di luar. Walaupun seolah-olah rutan ini terkotak sendiri, secara langsung maupun tidak langsung juga ikut menjaga kabtibmas Temanggung," katanya.

Menurut Bambang, peserta pelatihan diutamakan bagi mereka yang berminat. Sebab, kalau tidak ada minat, dikhawatirkan akan malas.

Instruktur dari BLK Temanggung Dahroni mengatakan, keterampilan yang diberikan saat ini berupa dasar-dasar elektronika. Untuk lanjutannya, disarankan setelah mereka keluar rutan bisa belajar di BLK.

Pelatihan kali ini diikuti 16 warga binaan. "Mereka sama sekali belum mengetahui ilmu elektronika, maka kami harus sabar dalam menyampaikan materi pelatihan," katanya.

Yosep Buntara, seorang warga binaan, menyampaikan terima kasih atas atas keterampilan elektronika yang didapatnya. "Melalui kegiatan ini, saya tambah keterampilan. Mudah-mudahan saya bisa melanjutkan memperdalam keterampilan elektronika ini setelah keluar dari rutan," katanya.


(NIN)