Sejumlah Bus di Terminal Giwangan Tak Layak Jalan

Ahmad Mustaqim    •    Senin, 05 Jun 2017 14:55 WIB
bus
Sejumlah Bus di Terminal Giwangan Tak Layak Jalan
Petugas gabungan saat memeriksa bus di Terminal Giwangan Yogyakarta. (MTVN-Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sejumlah bus di Terminal Giwangan Yogyakarta diketahui tak layak jalan saat pemeriksaan petugas gabungan pada Senin, 5 Juni 2017. Petugas gabungan terdiri dari Dinas Perhubungan, Badan Narkotika Nasional (BNN) DIY, Direktorat Lalu Lintas Polda DIY, serta sejumlah instansi lain. 

Kepala Unit Pelaksana Teknis Terminal Giwangan, Bhekti Zunanta mengatakan ada 25 bus yang diperiksa. Tiga bus diantaranya yang menggunakan ban vulkanisir. Menurutnya, kendaraan akan memiliki risiko kecelakaan lebih jika memakai ban vulkanisir. Tiga bus tersebut merupakan bus jurusan Yogyakarta-Wonosari, Gunungkidul. 

"Dampaknya bisa membuat kendaraan berjalan tidak stabil. Presentasenya, sembilan persen ban vulkanisir bisa membuat kecelakaan," kata Bhekti di Terminal Giwangan Yogyakarta. 

Bhekti mengatakan, tiga bus tersebut harus mengganti ban vulkanisir dengan yang asli. Jika tak mengganti ban, katanya, bus tak diizinkan berjalan mengangkut penumpang. 

Selain ban, petugas juga mendapati satu bus izin trayeknya kedaluwarsa. Bus tersebut jurusan Yogyakarta-Bantul. Sopir bus yang trayeknya kedaluarsa diminta segera memperpenjang izin trayek. 

"Ada juga temuan satu bus jurusan Yogyakarta-Semarang yang KIR nya sudah mati beberapa tahun. Ada juga bus yang harus memperbaiki lampu, lampu kanan dan kiri, serta rem," ungkapnya. 

Kepala Sub Keamanan dan Keselamatan Lalu Lintas Ditlantas Polda DIY, AKBP Aap S Yasin mengutarakan, petugas juga mendapati bus dengan surat-surat tidak lengkap. Menurutnya, ada dua sopir bus yang ditilang karena tak memiliki kelangkapan surat. "Bus yang surat-suratnya tidak lengkap ditilang di tempat," kata dia. 

Aap menambahkan, pemeriksaan akan terus dilakukan menjelang masa mudik lebaran 2017. Selain di Terminal Giwangan, pemeriksaan juga bakal di lakukan di sejumlah terminal lain, seperti di Terminal Wates, Terminal Jombor, Bantul, serta Gunungkidul. 

"Kita ingin menyiapkan kesiapan pemudik dengan menciptakan keselamatam berkendara. Nanti (pemeriksaan) juga dilanjutkan ke perusahaan transportasi bus," ucapnya. 



(ALB)