Bolos Sekolah, Siswa Baru Terjaring Razia

Rhobi Shani    •    Kamis, 20 Jul 2017 16:59 WIB
pendidikansekolah
Bolos Sekolah, Siswa Baru Terjaring Razia
Siswa kedapatan bolos dihukum menghafalkan Pancasila

Metrotvnews.com, Jepara: Tahun pelajaran baru tahun 2017 belum genap sepekan. Namun, sembilan siswa di Jepara ini malah keluyuran di tepi pantai saat jam sekolah berlangsung. Untuk menghindari perbuatan negatif, mereka digelandang ke kantor Satpol PP Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Sembilan siswa itu, adalah MF, MND, dan NNS dari Margoyoso, NTP dari Pendosawalan, JTA dari Purwogondo, dan RS dari Sengon Bugel. Mereka merupakan siswa SMA swasta di Kalinyamatan. Sementara RN dari Petekeyan, IM asal Mangunan dan SA dari Petekeyan merupakan siswa MA swasta di Tahunan.

Kepada petugas, mereka beralasan telah selesai mengikuti masa orientasi sekolah. Saat diciduk oleh Satpol PP, mereka sedang berada disebuah kafe yang ada di area wisata pantai tersebut, Kamis 20 Juli 2017.

Setelah dilakukan pemeriksaan, petugas Satpol PP mendapati gambar tidak senonoh dalam ponsel para siswa. Kepada petugas, seorang siswi mengaku gambar porno yang ada di dalam ponselnya diterima dari temannya melalui jejaring WhatsApp. 

Agar tak mengulangi perbuatannya, sembilan siswa yang baru lulus SMP itu, diminta melafalkan Pancasila. Satu diantaranya tidak hafal sila ketiga dan kelima.

“Tiga, Persatuan bagi seluruh rakyat indonesia. Lima, Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia,” ucap IM, yang kemudian dihukum untuk kembali mengulang pelafalan Pancasila hingga benar oleh petugas Satpol PP Jepara.

Kabid Penegakan Perda dan Ketertiban Masyarakat Satpol PP Jepara, Sutarno menyampaikan, agar tak mengulangi perbuatannya, usai melafalkan Pancasila para siswa diminta membuat surat pernyataan. Sembilan siswa yang terjaring razia, sebelumnya belum pernah terjaring.

“Jika sudah tiga kali terjaring, kami akan memanggil orang tua dan pihak sekolah,” terang Sutarno.


(ALB)