Amien Rais: Lupakan Cara Radikal, Gunakan Cara Konstitusi

Pythag Kurniati    •    Sabtu, 22 Jul 2017 11:10 WIB
pembubaran hti
Amien Rais: Lupakan Cara Radikal, Gunakan Cara Konstitusi
Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais saat menghadiri pengajian akbar di Lapangan PKU Muhammadiyah, Karanganyar, Jawa Tengah -- MTVN/Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Karanganyar: Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mewanti-wanti agar masyarakat tidak menganut radikalisme. Menurutnya, radikalisme dapat memecah-belah bangsa.

"Pesan saya kepada seluruh umat Islam yang berpikiran radikal, misalnya mengganti kekuasaan dengan jihad perang sabil, lupakan saja," kata Amien Rais usai mengisi pengajian akbar di Lapangan PKU Muhammadiyah, Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat 21 Juli 2017.

Selain itu, lanjut Amien, radikalisme juga memicu pertumpahan darah yang berujung pada perang saudara. Ia menyarankan cara lain yang lebih elok untuk ditempuh.

"Yakni dengan cara konstitusi, dengan cara demokrasi seadil-adilnya," kata Amien.

Pesan tersebut juga ia kaitkan dengan polemik dibubarkannya organisasi kemasyarakatan (ormas) Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Amien Rais mengingatkan, dalam hal ini Presiden Joko Widodo harus menempatkan peran sebagai pemimpin yang mengayomi seluruh rakyatnya.

"HTI memang boleh menuntut ke PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara. Kalau hasilnya memang dibolehkan, ya bolehkan. Kalau ada usul di DPR agar perppu diperbaiki atau dihapus, saya kira, mengapa tidak," pungkasnya.

 


(NIN)