Film G30S/PKI Diputar Sebelum Prosesi Mubeng Benteng

Patricia Vicka    •    Jumat, 22 Sep 2017 00:13 WIB
peringatan g 30 s pki
Film G30S/PKI Diputar Sebelum Prosesi Mubeng Benteng
Warga Antusias nonton bareng (nobar) Film G30S/PKI di Koramil Kraton Yogyakarta. (MTVN/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Jajaran Koramil Kraton Yogyakarta menggelar nonton bareng (nobar) Film G30S/PKI tepat pada malam tahun baru Jawa 1 Suro 1951. Film diputar untuk memeriahkan prosesi Mubeng Benteng yang dilaksanakan dalam rangka menyambut tahun baru Jawa.

Jajajaran Koramil memutar film sekitar pukul 19.00 wib, di markas Koramil, yang terletak di sebelah pintu masuk Keraton Yogyakarta. Layar pemutar film diletakkan di depan kantor. Panitia juga menggelar tikar untuk tempat menonton.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudi Firmansyah mengatakan film diputar sesuai arahan dari Panglima TNI Gatot Nurmantyo. "Film ini diputar agar masyarakat mengetahui sejarah kejahatan PKI. Jangan sampai ada paham PKI hidup lagi di sini," ujarnya dalam kata sambutan di Yogyakarta,  Kamis 21 September 2017.

Sementara Kapolsek Kraton Kompol Etty Haryanti menjelaskan nobar film ini baru pertama kali dilakukan di wilayahnya. Pihaknya telah menerjunkan tim untuk berjaga di sekitar lokasi.

"Saya pastikan aman. Tidak ada penolakan warga. Sudah ada sekitar 35 personel yang berjaga disini," tuturnya.

Pantauan Metrotvnews.com warga tampak antusias menyaksikan film sambil leseh. Lokasi pun telah dipenuhi oleh warga. Polisi, TNI dan Linmas masa bernama Paksi Katon tampak berjaga-jaga.

Salah seorang penonton, Rosi, 20, penasaran dengan isi film. Wanita asal Kulonprogo ini sengaja datang ke Keraton untuk mengikuti prosesi Mubeng Benteng. Tapi dia pun memutuskan turut nobar film G30S/PKI sembari menunggu prosesi Mubeng Benteng dimulai. 

"Saya penasaran apakah filmnya sama seperti pelajaran sejarah yang saya dapat di sekolah. Ternyata sama. Saya jadi tahu sejarah Indonesia masa lalu," kata mahasiswi Universitas Terbuka ini.

Film G-30S/PKI akan diputar kembali di tanggal 30 September 2017 di Alun-alun Utara keraton Yogyakarta.

Prosesi Mubeng Benteng adalah prosesi memutari reruntuhan benteng Yogyakarta tanpa boleh mengeluarkan suara. Prosesi ini dilakulan saat malam tahun baru Jawa dan dimulai dari Keben Keraton Yogyakarta.


(LDS)