Rekomendasi Lelang Jabatan di Tegal Belum Turun

Kuntoro Tayubi    •    Rabu, 30 Nov 2016 12:05 WIB
lelang jabatan
Rekomendasi Lelang Jabatan di Tegal Belum Turun
Foto ilustrasi. (Ant/Abriawan Abhe)

Metrotvnews.com, Tegal: Panitia Seleksi Lelang Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, Pemerintah Kota Tegal, Jawa Tengah, belum mendapat rekomendasi. Padahal, lelang bakal mulai digelar pertengahan Desember 2016.

Tahapan lelang 15 jabatan eselon ll baru bisa jalan kalau ada rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), sesuai UU No 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Sekretaris Tim Pansel JPT Pratama, Irkar Yuswan Apendi mengungkapkan, rekomendasi KASN menjadi dasar hukum dalam kinerja tim Pansel Lelang. Namun, hingga saat ini rekomendasi belum turun.

"Kami tidak bisa banyak berkomentar tentang lelang ini, mengingat belum adanya rekomendasi KASN untuk merealisasikan lelang jabatan Eselon II yang sudah disesuaikan dengan PP No 18/2016 dan Perda No 4/2016 tentang Susunan Organisasi Perangkat Daerah yang baru," katanya, Rabu (30/11/2016).

Padahal, kata dia, dokumen pelaksaan lelang sudah diajukan sejak 7 Oktober. Bersamaan dengan Keputusan Wali Kota Nomor: 800/060.K/2016. Tapi hingga saat ini belum ada jawaban.

Menurutnya, pembentukan Pansel sudah sesuai surat KASN Nomor B-1722/KASN/9/2016 tanggal 26 September 2016 tentang Rekomendasi Pansel terbuka JPT Pratama di lingkungan Pemkot Tegal. Komposisinya, meliputi 45 persen internal dan 55 persen dari eksternal.

Pansel diketuai Prof Wahyono (Universitas Pancasakti Tegal) dan Sekretaris Kepala BKD Irkar Yuswan Apendi. Sedangkan anggota Prof Beny Riyanto (Undip), Otok Kuswandaru (Asisten Deputi Kemen PAN RB), dan Plt Sekda Dyah Kemala Shinta.

Jabatan yang dilelang adalah 3 Staf Ahli Wali Kota, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Kemudian, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Inspektur, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, serta Kepala Dinas Permukiman dan Tata Ruang.


(SAN)