Pungli Paspor, Pejabat Kantor Imigrasi Yogyakarta Dicopot

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 08 Nov 2016 14:15 WIB
pungutan liar
Pungli Paspor, Pejabat Kantor Imigrasi Yogyakarta Dicopot
Ilustrasi. Foto: Antara/Lucky R.

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta menjatuhkan sanksi disiplin kepada seorang pejabat dari Kantor Imigrasi DIY yang terbukti melakukan pungutan liar (pungli). Pejabat dengan inisial BDP itu sebelumnya menjabat Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian ini dikembalikan ke Kantor Wilayah Kemenkum HAM DIY.

"Sanksi disiplin langsung kami berikan. BDP sudah saya copot dari jabatannya di Kantor Keimigrasian," ujar Pramono saat dihubungi Metrotvnews.com, Selasa (8/11/2016).

Pramono mengatakan sanksi disiplin kepada BDP merupakan upaya pembinaan pejabat yang terbukti melakukan pungli. Meski masih berkantor di Kanwil Kemenkum HAM DIY, kata Pramono, BDP berstatus wajib lapor.

"Sekarang BDP hanya memiliki jabatan fungsional umum atau sebagai staf," ujar Pramono.

Pramono belum memastikan sampai kapan sanksi disiplin diberikan. Ia menyebut, masih menunggu proses hukum hasil operasi tangkap tangan yang kini ditangani Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda DIY.

Sebelumnya, BDP terjaring operasi tangkap tangan tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) DI Yogyakarta di Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta, Senin 7 November. 

Tim Satgas Saber Pungli menyita barang bukti uang Rp11,5 juta, lima buah gawai, serta sejumlah dokumen. BDP kini berstatus tersangka setelah terbukti melakukan pungli dalam pengurusan paspor.


(UWA)