Belasan PKL Harus Tinggalkan Taman Ronggowarsito

Pythag Kurniati    •    Selasa, 15 Nov 2016 17:17 WIB
pedagang kaki lima (pkl)
Belasan PKL Harus Tinggalkan Taman Ronggowarsito
Foto ilustrasi. (Ant/Hasan Sakri Gozali)

Metrotvnews.com, Solo: Sebanyak 19 Pedagang Kaki Lima (PKL) harus direlokasi dari kawasan Taman Ronggowarsito Jurug. Relokasi menyusul akan dibangunnya parapet dari Mojo hingga Jurug oleh Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS).

"Sudah ada empat PKL yang pindah," terang Kabid Penegakan Perda Satpol PP Kota Solo, Arif Darmawan di Balaikota Solo, Jawa Tengah, Selasa (15/11/2016). Sedangkan 15 PKL lainnya saat ini tengah mendapatkan sosialisasi relokasi.

Arif melanjutkan setelah menggelar sosialisasi, Satpol PP menarget secepatnya merelokasi 15 PKL yang masih tersisa. "Karena pembangunan parepet itu mendesak untuk dilakukan. Seringkali kawasan itu terkena luapan air Sungai Bengawan Solo," kata dia.

Wewenang Satpol PP, lanjutnya, adalah untuk memastikan 15 PKL pindah dalam waktu dekat. Sedangkan mengenai lokasi relokasi, Arif menambahkan, hal tersebut merupakan wewenang Dinas Pengelolaan Pasar. Satpol PP juga akan melakukan patroli untuk menjamin PKL tidak kembali lagi setelah direlokasi.

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kota Solo Subagiyo menerangkan belasan PKL memungkinkan direlokasi ke tempat yang paling dekat dan representatif. "Kami tawarkan pedagang untuk pindah ke Pasar Pucangsawit," kata dia.

Seperti diketahui BBWS telah memulai proyek pengendalian banjir di Kota Solo. Proyek tersebut meliputi tiga pekerjaan yakni normalisasi Kali Pepe hulu hingga hilir, pembangunan tembok besar atau parapet di sepanjang Bengawan Solo dari Mojo hingga Jurug serta pembangunan rumah pompa.

Proyek tahun bergulir itu didanai pemerintah pusat dengan tiga tahun anggaran yakni dari APBN 2016, 2017 dan 2018.


(SAN)