PDI P Klaim Usung Tema Kebudayaan untuk Kampanye Pilkada Kota Yogya

Ahmad Mustaqim    •    Minggu, 02 Oct 2016 15:45 WIB
pilkada serentak
PDI P Klaim Usung Tema Kebudayaan untuk Kampanye Pilkada Kota Yogya
Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (kiri) saat melakukan salam komando dengan Imam Priyono-Ahmad Fadhli. Foto: Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pada gelaran Pemilihan Wali Kota Yogyakarta 2017, PDI Perjuangan mengusung pasangan Imam Priyono-Ahmad Fadhli. Partai berlogo banteng moncong putih itu mengklaim akan mengusung tema Yogyakarta pusat kebudayaan pada kampanyenya.

"Hal ini dipesankan bu Megawati (Ketum PDIP) kepada saya untuk pasangan kepala daerah di Kota Yogyakarta," kata Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto dalam Rapat Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus) Pemenangan Pilkada Kota Yogyakarta di Balai Utari Gedung Wanitatama, Yogyakarta, Minggu (2/10/2016).

Hasto mengatakan Yogyakarta menjadi kota budaya, revolusi, dan pendidikan yang mesti diperjuangkan. Sebab, kata dia, hal itu menjadi salah satu dasar dalam menyelesaikan sejumlah permasalahan.

"Kita ingat bagaimana dalam sepak bola, saat itu Bonek (sebutan kelompok pendukung klub sepak bola dari Surayaba) yang timnya kalah di Jakarta melakukan perusakan di stasiun yang dilewati. Saat sampai di Yogyakarta, mereka diberikan nasi bungkus dan tidak melakukan perusakan. Hal seperti ini yang harus kita jaga," ucapnya.

Hasto mengakui bahwa bakal kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan di Kota Yogyakarta tak sepopuler calon di daerah lain. Kendati demikian, ia mengklaim jika pasangan yang diusung telah mengikuti sekolah kepala daerah yang diselenggarakan partainya.

"Bagaimana nanti Pak Imam dan pasangannya menjabarkan inspirasi kepemimpinan di daerah lain yang juga kader PDI P. Strategi yang kami pakai adalah gotong royong dengan datang langsung di tengah masyarakat," ucapnya.

Di Kota Yogyakarta, Pilkada 2017 bakal diikuti dua pasang calon. Selain Imam-Fadhli, juga ada calon petahana Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi.


(SAN)