Penuntasan Perekaman E-KTP di DIY Terkendala Transportasi dan Alat

Patricia Vicka    •    Senin, 22 Aug 2016 18:23 WIB
e-ktp
Penuntasan Perekaman E-KTP di DIY Terkendala Transportasi dan Alat
Seorang warga menunjukkan E-KTP, Ant

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemda DIY menggeber penuntasan perekaman KTP Elektronik (E-KTP) sebelum 30 September 2016. Hal ini untuk merespon surat edaran kemendagri no 471.1768/SJ 12 Mei 2016 yang mengamanahkan percepatan layanan perekaman dan penerbitan KTP-Elektronik dan akta kelahiran sebelum 30 September 2016.

Hingga Juli 2016, masih 5,1 persen atau sekitar 136.207 ribu penduduk DI Yogyakarta yang belum memiliki E-KTP. Total jumlah penduduk yang harusnya mengantongi E-KTP di Yogyakarta yaitu 2.672.262 orang.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengaku terus mempercepat perekaman dan pendataan. Namun, ujarnya, kondisi peralatan dan medan di daerah tak semudah kota besar.

"Di daerah, transportasi dan peralatannya terbatas," kata Gubernur di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Senin (22/8/2016).

Kepala Biro Tata Pemerintahan Pemda DIY yang menaungi masalah kependudukan, Benny Suharsono, mengatakan langkah awal pemda akan memverifikasi dan mencari tahu kondisi dilapangan 136.207 warga yang belum memiliki E-KTP.

"Bisa jadi mereka belum buat E-KTP karena sudah meninggal tapi belum bikin akta kematian. Atau sudah ada yang pindah tapi belum melapor. Disusutkan ke individu yang benar-benar bisa membuat E-KTP," jelasnya.

Selain itu pihaknya akan membersihkan 50 ribu data ganda yang saat ini ditemukan. Data tersebut akan dipilih yang paling mendekati kebenaran dan keaslian individu.

Selanjutnya pihaknya menghimbau agar Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota aktif memeriksa ke warga yang belum memiliki E-KTP. Petugas bisa membantu membuatkan E-KTP jika ada warga yang tak memungkinkan untuk pergi keluar rumah karena sakit.



(RRN)