Hujan Lebat, 3 Makam di Bantaran Code Rusak Parah

Patricia Vicka    •    Sabtu, 05 Nov 2016 15:50 WIB
longsor
Hujan Lebat, 3 Makam di Bantaran Code Rusak Parah
Lokasi pemakaman yang rusak diterjang longsor. Foto-foto: Metrotvnews.com/Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Tiga makam di tempat pemakamanan umum Blunyah Gedhe di bantaran Sungai Code Yogyakarta rusak diterjang longsor. Dua di antaranya rusak parah hingga terseret beberapa meter. Longsor terjadi kemarin sore usai hujan lebat yang turun sejak siang di kawasan Kota Yogyakarta dan Sleman. 

Ketua Tim Rekasi Cepat BPBD DIY Pristiawan menjelaskan warga dibantu TNI gabungan telah mengevakuasi dan membenahi makam yang rusak pagi tadi. 

"Dua makam yang rusaknya paling parah sudah dipindah sekitar 30 meter dari tempat kejadian. Jenazah di dalamnya sudah dikubur kembali," ujarnya di lokasi makam rusak, di Yogyakarta, Sabtu (5/11/2016). 

Evakuasi dan pembenahan selanjutnya difokuskan untuk meruntuhkan sisa tembok makam yang masih mengantung. Pasalnya kompleks pemakaman terletak di daerah yang lebih tinggi dari rumah warga dan berbentuk seperti tebing lengkap dengan tembok pembatas. Tembok makam yang masih tersisa jika dibiarkan dikhawatirkan roboh dan menimpa rumah warga.


Sejumlah makam lain terancam roboh

Kepala Dukuh Blunyagedhe, Muhammad Supriyanto, menjelaskan pemakaman Blunyagedhe seluas 40 meter persegi ini telah lama mengalami keretakan. Namun, pihaknya tak mampu mencegah kerusakan karena letak makam yang berada di dua desa dan dua kabupaten berbeda. Hal ini membuat koordinasi di antara dua juru kunci rumit. 

"Pemakaman ada di perbatasan Kota Yogyakarta dan Sleman. Secara administrasi, pengelolaan masuk ke kota. Butuh koordinasi lintas wilayah untuk penanganannya," tutur dia.

Kini dua rumah warga terancam kena longsor jika kompleks pemakaman tak segera diperbaiki.


(UWA)