Gaji Anggota DPRD Bantul Naik saat APBD Defisit

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 25 Aug 2017 12:08 WIB
dprd
Gaji Anggota DPRD Bantul Naik saat APBD Defisit
Gedung DPRD Bantul. (MTVN-Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Bantul: Kenaikan gaji dan tunjangan pimpinan dan anggota DPRD Bantul bakal segera terealisasi. Legislatif dan eksekutif daerah telah menyetujui Raperda tentang Hak Keuangan dan Administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Bantul. 

Pelaksana Harian Sekretaris DPRD Bantul, Helmi Jamharis, mengatakan, kenaikan gaji anggota DPRD Bantul dalam Raperda itu sekitar Rp12 juta. Sementara tunjangan komunikasi intensif DPRD Bantul sekitar Rp13,3-14,7 juta. 

Reses, yang semula tak digaji menjadi digaji Rp14,7 juta. Dalam setahun, reses biasanya dilakukan sebanyak tiga kali. "Tunjangan yang naik juga termasuk tunjangan perumahan," kata Jamharis di Bantul pada Jumat, 25 Agustus 2017. 

Kenaikan gaji dan tunjangan itu didasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD. 

Dengan adanya kenaikan itu, praktis penerima gaji dan tunjangan DPRD Bantul tinggi. Diperkirakan, penerimaan rupiah dewan Bantul sekitar Rp30 juta per bulan.

Angka itu naik sekitar 90 persen dari gaji dan tunjangan sebelumnya yang berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 1 Tahun 2007 tentang Kedudukan Protokoler dan Keuangan Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Bantul, yakni sekitar Rp18 juta per bulan. 

Jamharis mengatakan Raperda bakal segera diberikan ke Gubernur DIY. "Targetnya akhir Agustus sudah diundangkan," ungkapnya. 

Bersama kenaikan gaji dan tunjangan wakil rakyat itu, APBD Bantul tahun 2018 justru defisit Rp318 miliar. Nilai ini sudah 12 persen dari total anggaran belanja. Di sisi lain, difisit APBD semestinya tak boleh lebih dari enam persen.

Bupati Bantul Suharsono mengaku berat dengan kondisi itu. Ia mengaku tak keberatan dengan kenaikan itu jika anggaran tersedia. 

"Ini masih pusing. Nanti akan banyak program belanja yang dikurangi," kata Suharsono. 


(SAN)