Dua Desa di Jepara Dilanda Kekeringan

Rhobi Shani    •    Kamis, 13 Jul 2017 13:18 WIB
air bersihkekeringan
Dua Desa di Jepara Dilanda Kekeringan
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jepara: Dua desa di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mulai dilanda kekeringan. Yaitu Desa Raguklampitan Kecamatan Batealit dan Desa Kedung Malang Kecamatan Kedung. Dua desa itu mulai mengajukan air bersih ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara.

Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Jepara Jamaludin menyampaikan, dua desa tersebut telah mengajukan permohonan air bersih. BPBD berencana memasok satu tangki air berdih dalam setiap pekannya.

"Sementara satu tangki dulu sambil melihat perkembangan. Selain itu, juga harus disiapkan dulu tandon airnya," ujar Jamaludin, Kamis 13 Juli 2017.

Jamaludin bilang, jika krisis air bersih semakin parah dan meluas, intensitas air bersih akan ditambah. Dalam memasok kebutuhan air bersih, BPBD Jepara menggandeng pemilik usaha depo air bersih agar kebutuhan warga benar-benar tercukupi.

"Prinsipnya warga butuh berapa besar, silakan mengajukan. Kami akan usahakan pemenuhannya," ujar Jamaludin.

Menurut Jamaludin, dua desa yang mengajukan air bersih memang  tergolong daerah rawan kekeringan. Sementara, desa-desa lain yang rawan kekeringan di Kecamatan Mayong dan Nalumsari saat ini kondisinya masih aman.


(ALB)