Mahfud MD Sebut Berbeda Pilihan bukan Alasan Terpecah Belah

Pythag Kurniati    •    Sabtu, 23 Jun 2018 11:17 WIB
pemilu
Mahfud MD Sebut Berbeda Pilihan bukan Alasan Terpecah Belah
Mantan Ketua MK Mahfud MD, Medcom.id - Pythag Kurniati

Solo: Mahfud MD mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan, terutama menjelang pelaksanaan tahun politik atau Pemilu 2019. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu megatakan warga harus terlibat dalam pelaksanaan pemilihan umum dengan tertib.

"Saya harap seluruh masyarakat yang mau Pilkada 27 Juni 2018, Pileg dan Pilpres 17 April 2019, semua harus menyadari itu untuk kemajuan Indonesia," kata Mahfud saat mengisi tablig akbar di Stadion Manahan Solo, Jumat malam, 22 Juni 2018.

Berbeda pilihan, menurutnya adalah hal yang biasa. Tapi, lanjut Mahud, itu bukan menjadi alasan untuk terpecah belah.

Dalam tablig akbar yang digelar Polda Jateng itu, ia mengatakan berpolitik merupakan hal yang fitrah. Setiap warga negara wajib berpartisipasi memilih pemimpin. Mahfud mempersilakan tiap warga menggunakan hak pilih. 

"Kalau cari yang benar-benar ideal mungkin enggak ada. Yang ada saja dipilih, karena pemimpin itu harus ada," katanya.

Di Indonesia, kata Mahfud, pemimpin hanya dipilih untuk jangka waktu lima tahun, sehingga rakyat tak perlu bertengkar. "Ada yang sesudah Pilkada, berkelahinya lima tahun enggak selesai," ungkap Mahfud.

Meskipun hidup di negara demokrasi, masyarakat diminta tunduk dengan aturan yang ada. "Kalau sudah terpilih, yang kalah harus tunduk, yang menang harus memerintah berdasarkan aturan hukum," tutupnya.


(RRN)