Dirut KAI Sidak Kesiapan Operasional Angkutan Lebaran

Pythag Kurniati    •    Rabu, 11 Apr 2018 16:06 WIB
Mudik Lebaran 2018
Dirut KAI Sidak Kesiapan Operasional Angkutan Lebaran
Dirut KAI Edi Sukmoro di Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu, 11 April 2018. (Medcom.id/Pythag K)

Solo: Direktur Umum PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro menginspeksi beberapa wilayah daerah operasi (daop).  Pantauan mendadak itu untuk melihat kesiapan operasional angkutan Lebaran 2018. 

"Kami mengecek daop-daop apakah sudah siap untuk operasi Lebaran atau belum,” ungkap Edi Sukmoro kepada wartawan di Solo Balapan, Rabu, 11 April 2018.

Edi menuturkan PT KAI menambah jumlah perjalanan kereta api selama masa Lebaran 2018. Penambahannya mencapai 40 perjalanan dibandingkan dengan tahun lalu. Pada 2017 ada sebanyak 353 perjalanan kereta api . 

“Tahun ini sebanyak 393 perjalanan kereta api,” tutur Edi.

Kesiapan lain, PT KAI telah memesan 10 rangkaian kereta. Enam di antaranya telah dioperasikan. Sedangkan empat lainnya masih ditunggu. Edi memperkirakan kapasitas dari empat rangkaian kereta api sekitar 23 ribu kursi.

"Sebagai tambahan untuk angkutan Lebaran tahun ini juga,” katanya.

Edi mengingatkan daop untuk mengecek kesiapan pengamanan jalur selama masa Lebaran 2018. Antisipasi pengamanan pun dilakukan dengan memperhatikan dua aspek, yakni ancaman alam serta ancaman di luar alam.

"Di titik-titik tertentu rawan longsor, banjir, dan ambles. Sedangkan non-alam misalnya pelemparan. Untuk pengamanan, kita tetap berkomunikasi dengan daerah-daerah setempat,” beber Edi.


(LDS)