Polda DIY Pastikan Perayaan Natal Berjalan Aman

Ahmad Mustaqim    •    Senin, 25 Dec 2017 03:26 WIB
natal dan tahun baru
Polda DIY Pastikan Perayaan Natal Berjalan Aman
Kapolda DIY Brigadir Jenderal Ahmad Dofiri. Medcom.id/Ahmad Mustaqim.

Yogyakarta: Polda Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta melakukan sterilisasi seluruh tempat ibadah sebelum pelaksanaan ibadah misa. Sterilisasi dilakukan untuk memastikan perayaan minsa berjalan aman. 

"Setiap kali akan melakukan ibadah (misa) ada sterilisasi. Jika misanya sampai tiga kali, starilisasi tetap sekali karena penjagaan tetap sama," kata Kapolda DIY Brigadir Jenderal Ahmad Dofiri ditemui di Gereja Santo Antonius, Kotabaru, Yogyakarta, pada Minggu malam, 24 Desember 2017. 

Kepolisian memberikan perhatian khusus terhadap tempat ibadah yang memiliki jemaat padat. Setidaknya ada tiga tempat ibadah yang mendapatkan perhatian khusus, seperti Gereja Santo Antonius Kotabaru, Gereja Ganjuran, dan Gereja Banteng di Jalan Kaliurang.

Tim gabungan Polri dan TNI memantau langsung situasi di tiga tempat ibadah itu. Ia berharap, penjagaan yang ketat tak membuat masyarakat takut menyelenggarakan ibadah.

"Melainkan membuat nyaman dan keselamatan jemaat agar bisa melaksanakan ibadah dengan tenang," kata dia. 

Selain itu, sejumlah ormas juga ikut melakukan penjagaan dalam ibadah misa di sejumlah tempat ibadah. Sejumlah ormas itu diantaranya Banser, Paksi Katon, hingga pemuda gereja. 

Menurut Dofiri, situasi keamanan ibadah perayaan Natal hingga saat ini berlangsung aman. "Situasi hingga saat ini kondusif. Isu-isu yang membuat sesuatu tidak bagus itu tidak ada," ujar dia. 

Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Fajar Setyawan menambahkan, TNI menyiapkan satuan setingkat batalyon dalam pengamanan natal. Pasukan TNI tersebut membantu pengamanan kepolisian di berbagai titik. 

"Penjagaan disebar di sejumlah pos, ada juga pasukan yang siaga di kantor," kata dia. 



(DRI)